5 Tips Mengembangkan Bisnis UMKM 2022

5 Tips Mengembangkan Bisnis UMKM 2022

Pada era sekarang tentunya semuanya serba cepat apalagi untuk saat ini kita berada pada era society 5.0, yang mana manusia bertumpu pada teknologi yang meningkatkan kualitas hidup manusia. 

Tak terkecuali dengan usaha yang di dalamnya juga terjadi transformasi besar besaran yang mempengaruhi jalannya usaha, termasuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Perkembangan zaman memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan suatu UMKM, jika UMKM tidak dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman maka UMKM tersebutlah yang termakan oleh perkembangan zaman itu sendiri. 

Oleh karena itu UMKM haruslah memiliki cara untuk terus maju dan mengembangkan UMKM untuk memaksimalkan potensi dari usaha tersebut. Berikut 5 cara mengembangkan UMKM sebagai berikut.  5 Cara Mengembangkan UMKM

1. Membuat Analisis UMKM (SWOT, Business Plan)

Tahap pertama untuk mengembangkan UMKM adalah harus mengetahui apa yang ada pada UMKM itu sendiri, maksudnya memahami apa potensi yang ada pada diri sendiri. 

Dengan menganalisis UMKM agar mengembangkan UMKM dengan SWOT akan memahami apa kekuatan, kelemahan, peluang, maupun ancaman yang ada pada usaha tersebut. 

Sehingga dapat membuat strategi UMKM nantinya kedepan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 

Selain menganalisis SWOT, membuat Business Plan merupakan hal yang penting karena dapat membuat UMKM lebih terarah dan terorganisir dalam pelaksanaannya sehingga dapat menghindari apa yang tidak sesuai harapan dan dapat membantu mengetahui peluang untuk memenangkan pasar yang lebih potensial dan dapat mengembangkan UMKM.

2. Meningkatkan kualitas produk UMKM

Kualitas merupakan hal utama dari semua ekspektasi yang memenuhi konsumen. Oleh karena itu meningkatkan kualitas produk merupakan hal yang penting untuk mengembangkan UMKM. Sejatinya produk yang berkualitas tentunya akan menjadi produk pilihan utama dari para konsumen. Intinya, meningkatkan kualitas maupun menjaga kualitas produk tetap baik adalah langkah yang baik untuk mengembangkan UMKM.

3. Kelola keuangan dengan tepat

Mengelola keuangan dalam bisnis UMKM merupakan momok yang sangat menakutkan dan tidak dapat dihindari dari suatu usaha manapun. Pastikan UMKM mengelola keuangan dengan tepat, apabila tidak dikelola dengan tepat maka akan menyebabkan terhambatnya UMKM itu sendiri. UMKM yang baik seharusnya dapat mengatur maupun merencanakan keuangan dengan efektif & efisien untuk mendorong kemajuan dan perkembangan usaha.

4. Terjun dalam dunia digital

Tahap selanjutnya ialah terjun dalam dunia digital, yang mana tahap ini merupakan adaptasi dari perkembangan zaman pada saat ini. 

Seperti yang kita ketahui bahwasanya perkembangan dunia digital pada saat ini sangat pesat perkembangannya. 

Oleh karena itu UMKM juga harus dapat mengikuti peredaran dunia digital, dengan cara UMKM harus bertransformasi dalam dunia digital seperti masuk dalam marketplace maupun aktif dalam berinteraksi di media sosial dan internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas. 

Dengan terjunnya ke dalam dunia digital, UMKM akan mendapatkan banyak keuntungan terutama jumlah penjualan dan dapat membangun branding UMKM.

5. Evaluasi Berkala

Melalui evaluasi dapat membantu mengetahui target realisasi yang tercapai maupun tidak tercapai pada bisnis UMKM. 

Selain itu dapat mengetahui apa yang menjadi kekurangan maupun kelebihan selama periode UMKM ini dijalankan.

Yang mana dari hal tersebut bisa dijadikan bahan untuk intropeksi UMKM dan dijadikan senjata untuk kedepannya sebagai senjata yang potensial dari UMKM.

Hal diatas merupakan 5 cara yang dapat mengembangkan UMKM. Zaman sekarang merupakan zaman yang pergerakannya sangat cepat. 

Masih ada beberapa cara yang nantinya akan muncul seiring perkembangan informasi khususnya terkait cara mengembangkan UMKM.

Mengembangkan UMKM memang tidaklah mudah seperti hal membalikkan telapak tangan. Hal ini dapat dilakukan secara belajar mandiri atau mengikuti pelatihan dari instansi yang menyediakan jasa pelatihan untuk UMKM. 

Dapat kali ini KejarUMKM hadir dalam membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan UMKM. Yuk ikutin program bersama kami untuk berkembang bersama!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.