5 Cara Mengelola Pemasaran UMKM Agar Bisnis Kamu Semakin Berkembang

5 Cara Mengelola Pemasaran UMKM Agar Bisnis Kamu Semakin Berkembang

Setiap bisnis tentu memiliki strategi khusus agar sesuai dengan kebutuhan target market. Strategi pengelolaan pemasaran untuk mengingat tingkat persaingan bisnis di masa sekarang semakin meningkat, terutama UMKM. 

Oleh sebab itu, perlu adanya inovasi dan penyusunan strategi yang efektif untuk perkembangan UMKM. 

Berikut ini adalah 5 cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mengelola pemasaran UMKM agar bisa semakin berkembang.

1. Buat Produk yang Unik dan Berbeda dari Kompetitor Lain

Membuat produk yang unik dan berbeda menjadi poin plus dari bisnis kamu. Langkah ini menjadi salah satu strategi yang efektif untuk mengelola pemasaran UMKM. Produk adalah bintang utama dari bisnis kamu. 

Agar pembeli tertarik untuk membeli produkmu, buatlah strategi pemasaran UMKM dengan membuat produk yang berbeda dari yang kompetitormu miliki. Calon pembeli akan melihat perbedaan produkmu sebagai perbandingan. 

Misalnya, ketika kamu memulai bisnis laundry, kamu bisa membuat strategi pemasaran UMKM dengan membuat paket laundry keluarga dan paket laundry mahasiswa sebagai pilihan produkmu. 

Adanya pilihan tersebut membuat produk laundry berbeda dari UMKM yang sudah ada sebelumnya.

2. Pasang Iklan yang Menarik Sesuai Target Market Kamu

Produk yang unik tidak cukup jika tidak disertai dengan promosi yang sesuai. Promosi menjadi bagian mengelola pemasaran UMKM yang sangat efektif. Iklan perlu dibuat dengan tujuan yang jelas sesuai dengan target market bisnismu. 

Misalnya, kamu memiliki usaha ucapan wisuda dari papan bunga, maka kamu dapat memasarkan bisnismu kepada mahasiswa akhir yang akan diwisuda. 

Kamu bisa memilih berbagai platform dan metode pemasangan iklan yang dinilai paling tepat untuk menjangkau target  marketmu.

3. Tidak Ada Salahnya untuk Berinvestasi di Online Marketing

Online marketing sudah menjadi strategi yang umum dilakukan oleh UMKM di masa kini. Pengguna internet yang tinggi menjadi peluang yang baik bagi bisnismu untuk merambah di online marketing. 

Strategi ini adalah strategi  yang tepat untuk mengelola pemasaran UMKM. Kamu dapat memanfaatkan  berbagai platform untuk membantu promosi produkmu, misalnya Instagram, Facebook, TikTok, dan berbagai marketplace. Dengan online marketing, kamu berkemungkinan untuk memasarkan produkmu hingga ke luar kota.

4. Buat Promo untuk Menarik Perhatian Konsumen

Setelah ketiga strategi kamu lakukan, kini saatnya kamu membuat promo yang menarik calon pembeli. Promo yang kamu buat tentu bertujuan untuk menarik perhatian calon pembeli. 

Pembeli mudah tergiur dengan adanya promo, apalagi promo yang dilakukan di momen-momen penting. 

Kamu bisa menerapkan promo potongan harga, pemberlakuan kupon hadiah, pemberian cashback tiap pembelian tertentu, promo bundle, atau promo- promo lainnya. 

Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan hari-hari besar seperti Harbolnas dan hari libur nasional untuk membuat event promo menarik. Strategi ini cukup efektif untuk mengelola pemasaran UMKM kamu.

5. Lakukan Pemasaran dengan Konsisten

Keempat strategi yang telah dijabarkan tidak akan berjalan lancar jika kamu tidak konsisten. Konsistensi adalah salah satu kunci keberhasilan strategi pemasaran UMKM. 

Tujuan konsistensi adalah untuk membentuk kepercayaan pembeli terhadap UMKM yang kamu jalankan. Misalnya, dalam membuat promosi, kamu harus terus update tentang hal-hal yang masih trending agar promo tidak ketinggalan zaman. 

Kelima cara tadi bisa kamu lakukan untuk mengelola pemasaran UMKM agar bisnis semakin berkembang. 

Jangan lupa lakukan strategi tersebut dengan konsisten dan mengikuti perkembangan zaman. Kunjungi kejarumkm.com untuk info bisnis lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.