Pelatihan Pencatatan Transaksi Keuangan UMKM Gratis

Pelatihan Pencatatan Transaksi Keuangan UMKM Gratis

Mengapa pencatatan transaksi keuangan memiliki porsi yang penting bagi tumbuh kembangnya UMKM?

Jawaban atas pertanyaan ini berhubungan dengan skala usaha UMKM. UMKM yang mengalami pertumbuhan usaha lambat biasanya karena tidak memiliki pencatatan transaksi keuangan yang memadai. 

Modal usaha masih bercampur dengan modal pribadi dan paling parahnya arus kas perputaran usaha masih bercampur dengan kebutuhan kas sehari-hari. 

Contoh sederhananya adalah dengan menjadikan uang usaha untuk membeli kebutuhan sehari-hari. 

Maka kesehatan usaha tidak akan stabil. Ini belum dihitung jika UMKM tidak memiliki omset yang tinggi sehingga memerlukan pelatihan strategi digital marketing untuk menjaga stabilitas omset.

Tidak adanya pencatatan transaksi keuangan UMKM menjadi salah satu penyakit tidak berkembangnya UMKM. UMKM hanya fokus pada usaha sendiri. 

Tidak pernah mempersiapkan diri dalam memperbesar skala usaha dan bahkan tidak pernah mengikuti pelatihan strategi digital marketing untuk meningkatkan pemasaran. 

Ya mau gimana mengikuti kalau keuangan UMKM sendiri morat-marit alias kacau karena tidak memiliki pencatatan.

Apa hubunganya pencatatan transaksi keuangan dengan digital marketing?

Bagaimana strategi anda menghadapi usaha UMKM ketika omset mengalami penurunan. 

Atau dibalik ketika transaksi usaha UMKM mengalami kenaikan yang cukup tinggi? Jawaban dari pertanyaan pertama, tidak banyak pengusaha UMKM yang berpikir panjang. Biasanya langsung ditutup begitu saja. 

Sementara yang kedua, malah uangnya untuk senang-senang. Padahal nih, dua kasus ini berhubungan dengan pencatatan transaksi keuangan dan pelatihan strategi digital marketing. 

Ketika usaha sedang turun dan terdeteksi dalam pencatatan transaksi keuangan adanya pendapatan yang menurun, maka owner UMKM bisa mengambil langkah memperbesar budget/alokasi pemasaran digital marketing untuk menarik pelanggan.

Pada kasus kedua, pelatihan digital marketing juga akan membantu pencatatan transaksi keuangan secara lebih jelas. 

Misalnya begini ketika arus pembeli yang datang dari pemasaran digital marketing, maka alokasi pemasaran ke channel tertentu dapat diperbesar. 

Misalnya begini jika dari promosi di instagram ternyata membuahkan hasil. Maka bisa memperbesar alokasi promosi ke instagram. 

Pada contoh kasus lain, bahkan pelatihan strategi digital marketing ini dapat berkolaborasikan dengan pencatatan transaksi keuangan. 

Misalnya dengan pembelian pelanggan melalui channel-channel sosial media dapat langsung terdata di kasir pos yang merupakan bagian dari sarana pencatatan transaksi keuangan.

Penggabungan pelatihan strategi digital marketing dengan pencatatan transaksi keuangan akan memudahkan pengusaha UMKM dalam mengelola usahanya. 

Pengusaha UMKM dapat memeriksa mesin kasir pos yang terhubung dengan channel-channel penjualan sosial media, menganalisis data yang masuk. 

Merancang pola penggajian (payroll), pembelian bahan baku dan memproyeksikan pendapatan usaha kedepannya hanya dalam waktu yang singkat menggunakan sistem real time.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.