Belajar Cyber Security Gratis Indonesia

Belajar Cyber Security Gratis Indonesia

KejarUMKM.com – Ketika akan belajar cyber security gratis indonesia, maka pada pendahuluan perlu memahami terlebih dahulu apa itu pengertian cyber security. 

Terjemahan bebas dari cyber security adalah keamanan siber. Namun cyber security tidak hanya berbicara mengenai keamanan. 

Ketika mengakses internet tetapi juga keamanan dalam mengelola bisnis dan keamanan dalam mengelola data pelanggan.

Pengertian keamanan siber tidak hanya berbicara pada pemahaman operasional tata cara mengakses internet. 

Tetapi juga keamanan dalam mengelola informasi, database hingga akun-akun media sosial. 

Jika pengusaha UMKM mengikuti pelatihan belajar cyber security gratis Indonesia.

Maka akan mendapat kurikulum pembelajaran mulai dengan mengenal tata cara mengakses internet.

Selain itu juga agar tidak terserang firmware hingga malware, tata cara mengoperasikan akun-akun media sosial secara aman. 

Serta tata cara melakukan langkah-langkah kuratif jika terserang pengakses gelap terhadap akun-akun bisnis usaha UMKM.

Masalah-Masalah Cyber Security

Selanjutnya ketika belajar cyber security gratis indonesia, pengusaha UMKM juga akan mendapat pembekalan contoh-contoh masalah cyber security yang perlu dipahami, antara lain:

  1. Penggunaan akses internet dengan akses pribadi ketimbang menggunakan akses wifi publik. Karena dengan pengusaha UMKM menggunakan akses wifi publik seperti di stasiun atau terminal, maka akan membuka potensi serangan terhadap informasi dan data pengusaha UMKM.
  2. Penggunaan otorisasi keamanan berjenjang. Jika pengusaha UMKM banyak mengoperasionalkan akun-akun bisnis UMKM, maka memerlukan keamanan berlapis berupa otorisasi berjenjang seperti menggunakan no handphone dan email bisnis agar akun-akun media sosial terjamin keamanannya.
  3. Adanya akses firewall atau malware, dalam bahasa sederhana belajar cyber security gratis indonesia, akses ini disebut dengan adanya serangan virus atau hacker. Oleh karena itu pengusaha UMKM disarankan untuk mengaktifkan antivirus dalam perangkat elektronik yang digunakan untuk mengakses internet. 
  4. Jebolnya database pelanggan marketplace besar seperti Tokopedia perlu diperhatikan pengusaha UMKM. Selain belajar cyber security gratis indonesia, pengusaha perlu update terhadap informasi keamanan siber serta mengantisipasi jebolnya akses pelanggan oleh hacker/virus.

Mengapa Pengusaha UMKM Perlu Melek Cyber Security

Pengusaha UMKM untuk mengikuti pelatihan belajar cyber security gratis indonesia agar dapat bertransaksi bisnis secara aman dan lancar. 

Berikut beberapa alasan utama pengusaha UMKM untuk melek cyber security berdasarkan pengalaman pendampingan Kelompok Belajar UMKM (Kejar UMKM).

Dalam Komunitas UMKM Belanja Kalteng.com (Kalimantan Tengah) bersama dengan Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah: 

  1. Pengusaha UMKM termasuk dalam golongan rentan yang tidak memahami informasi teknologi dan komunikasi secara menyeluruh. Dengan mengikuti belajar cyber security gratis indonesia, maka pengusaha UMKM akan mendapat wawasan dalam mengoperasikan TIK dan internet secara aman dan terjamin.
  2. Pengusaha UMKM ketika mengikuti pelatihan cyber security gratis indonesia maka akan mendapat akses pendampingan dari trainer atau mentor yang berpengalaman dalam mendampingi keamanan siber UMKM. 

Bagi pengusaha UMKM atau sektor industri yang ingin mengikuti atau mengadakan pelatihan UMKM terutama dalam sektor keamanan siber dapat menghubungi Kelompok Belajar UMKM (KejarUMKM) melalui nomor: 0878-0590-0800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.