Program Pendampingan UMKM Efektif Naik Kelas

KejarUMKM.com – Program pendampingan UMKM melalui materi yang diberikan secara efektif dan online. 

Pendampingan UMKM dimasa sekarang menjadi penting karena UMKM menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia diharapkan dapat memperkuat sektor ekonomi.

Peran ini dapat dimainkan jika UMKM berhasil naik kelas dan mendapat pendampingan UMKM yang efektif, efisien serta memberikan dampak yang luas bagi masyarakat.

UMKM diproyeksikan memiliki dampak yang meluas seperti menyerap tenaga kerja dengan skema padat karya (mengutamakan pekerja terampil dibandingkan teknologi). 

Memperluas pasar konsumen, mengakses bahan baku dari produsen secara terjangkau, serta yang paling penting berhasil membuka rantai pasokan nasional. 

Target-target ini bisa tercapai jika UMKM melewati pendampingan UMKM secara konsisten dan teratur. 

Program-program pendampingan UMKM biasanya menitikberatkan pada peningkatan skala usaha UMKM, transformasi bisnis UMKM dari sektor konvensional menjadi digital.

Perluasan pasar konsumen dan pembukaan jaringan. Serta peningkatan kemampuan owner atau pemilik usaha untuk menguasai tantangan zaman yang kian berkembang.

Program-program pendampingan UMKM yang berhasil diuji coba Kelompok Belajar (KejarUMKM) dapat dirinci dalam penjelasan sebagai berikut ini:

  1. Program pendampingan UMKM peningkatan skala usaha meliputi pembuatan struktur organisasi dan tata kerja. Program pendampingan ini bertujuan agar UMKM memiliki lembaga organisasi yang terstruktur, jelas, efektif dan terarah dengan baik.
  2. Program pendampingan UMKM peningkatan legalitas meliputi pelatihan UMKM agar memiliki wawasan pembuatan legalitas seperti pendirian perseroan terbatas, pendirian badan usaha berbentuk CV, firma, atau usaha dagang dan bahkan perseroan terbatas dengan skala besar. 
  3. Program pendampingan UMKM untuk peningkatan akses pasar. Misalnya memberikan wawasan kepada pelaku UMKM mengenai pentingnya pembuatan nomor induk berusaha (NIB), P-IRT, sertifikasi halal dan sertifikat sehat. Sehingga nantinya produk-produk UMKM dapat memenuhi standar nasional indonesia dan bisa menembus pasar nasional dan ekspor (internasional). 
  4. Program pendampingan UMKM mengenai peningkatan pembukaan rantai pasok. Pelatihan UMKM jenis ini memberikan wawasan kepada pelaku UMKM mengenai strategi mengakses bahan baku secara terjangkau, menawarkan produk kepada konsumen dengan cepat dan terserap pasar secara luas. Serta memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM memahami pasar digital berbentuk marketplace. 
  5. Program pendampingan UMKM mengenai digital marketing. Dunia baru bernama digital perlu menjadi perhatian pengusaha UMKM. Pelatihan UMKM yang digelar KejarUMKM mengenai digital marketing akan memberikan wawasan pemahaman pengusaha UMKM mengenai tips dan trik berjualan di marketplace dan media sosial, keamanan bertransaksi dalam dunia digital marketing, mengolah kemampuan copywriting dan content writing, teknik fotografi, teknik menjual serta tentunya penggunaan tools-tools baru dalam dunia digital marketing seperti search engine optimization (SEO) maupun penggunaan tools google untuk usaha (google bisnis). 

Program-program pendampingan UMKM di atas bertujuan meningkatkan skala usaha UMKM agar bertumbuh dari kelas bawah menjadi kelas menengah. 

Sehingga nantinya mampu bersaing dengan industri-industri besar yang telah lebih dulu masuk ke pasar internasional. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.