Pelatihan UMKM Gratis Bagi Pemula

Pelatihan UMKM Gratis Bagi Pemula

KejarUMKM.com – Pelatihan UMKM gratis bagi pemula yang baru saja terjun di dunia bisnis agar bisa berkembang. 

Banyak pengusaha UMKM pemula sering mengeluhkan minimnya pengalaman dalam memulai sebuah usaha dan salah satu solusinya yakni mengikuti pelatihan UMKM. 

Jika usaha UMKM yang tidak mengalami perkembangan signifikan maka bisa jadi disebabkan oleh kurangnya manajemen yang baik sehingga membutuhkan pelatihan UMKM. 

Dunia modern kini tidak sesempit seperti dulu. Dulu pengusaha UMKM ketika akan mengikuti pelatihan UMKM harus mempersiapkan banyak uang. 

Mendaftar ke sesi pelatihan UMKM tertentu dan bahkan harus mendaftar booking seat jauh-jauh hari. 

Nah, kini di masa digitalisasi, pengusaha UMKM dapat mengikuti aneka pelatihan dan pendampingan UMKM dan bahkan kompetisi permodalan UMKM hanya melalui layer gawai (smartphone).

Pelatihan-pelatihan UMKM yang dibuka dan diperuntukkan bagi pengusaha UMKM tersebar dari kalangan pemerintahan, swasta, industri serta bahkan perbankan turut memberikan ruang bagi UMKM untuk bertumbuh. 

Materi-materi yang diajarkan pun tidak melulu soal pelatihan manajemen dan keuangan yang itu-itu saja. 

Melainkan sudah melebar menjadi materi lain yang lebih kekinian serta dibutuhkan di era industri.

Misalnya pada pelatihan-pelatihan UMKM yang dilakukan oleh kalangan pemerintah, pengusaha UMKM didorong memanfaatkan akses domain internet gratis dari pemerintah untuk jangka waktu tertentu. 

Sementara dari kalangan perbankan, pelatihan UMKM lebih menyasar pada pengelolaan konsumen dalam database terpusat yang selama ini sering dilakukan oleh industri-industri perbankan. 

Selain itu pelatihan-pelatihan dari kalangan industri juga berkaitan dengan kebutuhan UMKM saat ini, misalnya dari kalangan industri sering mengadakan pelatihan UMKM berbentuk pelatihan berbasis csr (corporate social responsibility). 

Pelatihan UMKM dengan jenis ini diminati UMKM karena UMKM dapat bersinergi dengan dana-dana csr dari industri sehingga bisa memanfaatkan pendanaan gratis.

Nah, selain sudah dijelaskan di atas jenis-jenis pelatihan UMKM dari berbagai sektor, di bawah ini terdapat juga contoh-contoh pelatihan UMKM gratis yang bisa diakses pengusaha UMKM untuk meningkatkan kemampuan usahanya serta bersiap untuk naik kelas. 

Jenis dan contoh pelatihan UMKM gratis untuk pemula:

  1. Pelatihan UMKM Digital Talent Kominfo. Pelatihan UMKM dari kominfo memiliki dua jenis: jenis pertama berbentuk online dan jenis kedua berbentuk tatap muka. Pada pelatihan UMKM, digital talent kominfo memberikan pelatihan dengan tujuan utama meningkatkan kapasitas pengusaha UMKM terkait dengan penguasaan teknologi. Misalnya penggunaan media sosial sebagai strategi marketing, strategi mengembangkan usaha di marketplace hingga mencakup pemahaman bisnis teknologi. Pelatihan UMKM dari kominfo dapat diakses melalui website: www.kominfo.go.id
  2. Pelatihan UMKM dari Google yang disebut Gapura Digital Google. Siapa nih yang pakai google cuma buat googling semata? Padahal nih Google memiliki segudang materi pelatihan UMKM gratis bagi pengusaha UMKM loh. Namanya google gapura digital. Pelatihan UMKM dari google ini juga terbagi ke dalam dua jenis yaitu tatap muka dan online. Tetapi sebagian besar saat ini dilakukan melalui online. Google Gapura Digital akan melatih pengusaha UMKM mengenai fitur-fitur google yang bisa menunjang bisnis UMKM. Misalnya fitur google business yang jarang diketahui orang dan belum dimaksimalkan padahal bisa membantu perkembangan bisnis.
  3. Selanjutnya pelatihan UMKM skala lokal diadakan oleh dinas-dinas di provinsi dan kabupaten kota. Seperti Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan. Pelatihan UMKM yang sering diadakan misalnya pelatihan membuat akun marketplace lokal seperti Si Bakul di Provinsi DIY, BelanjaKalteng di Provinsi Kalteng, atau pelatihan UMKM untuk mendukung perkembangan usaha. Misalnya pelatihan pembuatan sertifikat PIRT atau pelatihan sertifikat halal. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.