Tiga Ide Bisnis UMKM 2022 Bagi Ibu Rumah Tangga

Tiga Ide Bisnis UMKM 2022 Bagi Ibu Rumah Tangga

KejarUMKM.com – Berikut ide bisnis UMKM 2022 yang bisa dicontoh oleh para ibu rumah tangga.

Ide bisnis UMKM 2022 berikut bisa dicontoh dengan modal seminim mungkin, asalkan memiliki kemauan untuk belajar dan berusaha.

Saat ini banyak ibu rumah tangga yang mampu menghasilkan omset usaha melalui system reseller dan dropshipper yang bisa menjadi ide bisnis UMKM 2022.  

Ide bisnis UMKM 2020 bagi ibu rumah tangga berbentuk reseller dan dropshipper bahkan tidak memerlukan modal besar. 

Hanya modal kecil dan bahkan lebih kecil angkanya daripada nongkrong di kafe kopi kekinian. 

Karakter ide bisnis UMKM 2022 bagi ibu rumah tangga setidaknya memiliki beberapa indikator:

  1. Ide bisnis ini tidak mengganggu pekerjaan ibu rumah tangga yang notabene banyak dihabiskan untuk mengurus keluarga. Ide bisnis yang dijalani kebanyakan ibu rumah tangga bahkan hanya memerlukan gawai alias smartphone. Gimana? Mudah sekali bukan?
  2. Ide bisnis UMKM 2022 bagi ibu rumah tangga juga biasanya sesuai dengan kebutuhan pasar konsumen yang sama. Misalnya nih ibu rumah tangga biasanya memerlukan mainan anak-anak, bisa nih ibu rumah tangga berbisnis mainan anak-anak.
  3. Ide bisnis ini juga tidak menghabiskan ruang yang banyak. Karena jika menghabiskan ruang yang banyak, maka akan memakan tempat dan tentu saja malah memenuhi tempat tinggal sehingga tidak efektif.
  4. Ide bisnis UMKM 2022 bagi ibu rumah tangga tentunya harus selaras dengan tujuan utama. Misalnya apakah untuk mendapatkan pemasukan tambahan atau dijadikan pendapatan utama untuk kebutuhan tertentu.

Nah, biasanya nih ada beberapa ide bisnis UMKM 2022 yang sudah sukses dijalani oleh komunitas ibu rumah tangga diluar sana. 

Apa saja sih ide bisnis UMKM 2022 yang berpotensi meraup profit melimpah. Berikut datanya:

  1. Ide bisnis paling gampang bagi ibu rumah tangga adalah menjadi reseller mainan anak atau buku-buku bacaan anak. Banyak loh sekarang reseller dan dropshipper mainan anak dan buku-buku bacaan anak memiliki pendapatan lebih dari 3 juta per bulan. Hanya berjualan dari media sosial, media pesan instan dan bahkan hanya sesekali menawarkan prospek kepada konsumen. 
  2. Ide bisnis UMKM 2022 selanjutnya bagi ibu rumah tangga adalah berbisnis kuliner. Misalnya membuat kue yang kemudian dijual dalam bentuk kemasan. Penjualan kue akan meningkat di saat libur Panjang atau libur lebaran. Membuat kue juga mendukung kemampuan bunda dalam mengolah dapur menjadi lebih bermanfaat.
  3. Ide bisnis selanjutnya adalah berjualan camilan. Siapa yang tidak suka ngemil? Banyak sekali masyarakat Indonesia yang bisa ngemil sehari tiga kali. Kenapa tidak dimanfaatkan? Ibu rumah tangga di rumah bisa loh membuat camilan diawali untuk keluarga sendiri baru kemudian dijual.
  4. Selanjutnya ide bisnis UMKM 2022 yang tak kalah penting adalah jualan baju-baju anak. Siapa sih orang yang ga pengen melihat baju-baju anak imut-imut? Pasti banyak yang pengen bukan? Nah pasar konsumen ini selalu terbuka lebar, terutama pada saat lebaran atau menjelang libur panjang sekolah. 

Apa saja yang perlu dipersiapkan ibu rumah tangga dalam menjalankan ide bisnis UMKM 2022:

  1. Cobalah untuk riset pasar yang terdekat, misalnya di sekitar kompleks belum ada yang jualan kue-kue dan camilan. Nah bisa diawali dari sini, kemudian tawarkan secara door to door atau mouth to mouth.
  2. Selanjutnya setelah riset pasar dan membuat produk, jangan lupa untuk membuat media promosi berupa poster. Eits jangan bingung, dengan desain poster sederhana saja dari canva sudah bisa menarik pembeli lebih banyak.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.