Pelatihan Digital Marketing UMKM

Pelatihan Digital Marketing UMKM

KejarUMKM.com – Hadirnya fitur marketplace berupa live video dan semakin eksisnya Tiktok serta Instagram perlu mendapat perhatian pengusaha UMKM. 

UMKM tidak bisa lagi hanya mengandalkan penjualan konvensional alias tatap muka. Mengingat dunia sudah berubah dan nyaris jual beli sekarang dilakukan melalui sarana online (daring).

Lalu bagaimana pengusaha UMKM bersiap diri menghadapi perubahan gaya konsumen yang melakukan pembelian dari cara jual beli konvensional menjadi jual beli online? 

Solusi utamanya adalah memahami pemasaran digital yang sekarang lebih dikenal sebagai digital marketing.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah cara baru dalam berjualan yang dari sebelumnya secara tatap muka dengan batasan ruang dan waktu menjadi berubah bebas dalam waktu 24 jam sehari tanpa batasan ruang. 

Digital marketing adalah proses pemasaran melalui kanal-kanal digital seperti marketplace (toko online).

Sosial media hingga aplikasi pesan instan yang sekarang selalu ada di handphone-handphone masyarakat usia dewasa.

Mengapa UMKM perlu memahami konsep digital marketing?

Hampir 90% UMKM mengalami konversi penjualan secara online selama masa pandemi covid-19, sementara sisanya 20% mengalami kesulitan dalam proses konversi. 

Ini berarti bahwa masih ada pengusaha UMKM yang belum memahami betapa pentingnya digital marketing di masa pandemi dan pasca pandemi nantinya. 

Jumlah 90% yang berhasil melakukan konversi penjualan ternyata tetap bertahan di masa pandemi dan bahkan paska pandemi sehingga mampu tetap meraih profit (pendapatan). 

Apa saja konsep digital marketing yang perlu dipahami pengusaha UMKM?

Pelatihan konsep digital marketing bukan semata-mata pelatihan teknis cara membuat akun media sosial atau toko online. Merupakan diawali dari desain berpikir (design thinking) memetakan potensi usaha di ranah digital marketing. Pengusaha UMKM tidak bisa serta merta hanya langsung berpindah jualan dari kanal konvensional ke kanal online. Karena dua dunia ini yaitu dunia offline dan dunia online memiliki karakteristik yang berbeda. 

Pertama, karakteristik dunia online memerlukan kecepatan (fast respon), first impression (pandangan pertama), eye catching (menarik dipandang) serta mampu berubah dengan segera. Karakter ini perlu dipahami oleh pengusaha UMKM, sehingga tidak asal lantas berjualan produk-produk hanya asal pajang dan berharap pembeli langsung beli. 

Kedua, karakteristik selanjutnya adalah dunia online memerlukan konsep digital marketing karena segalanya serba online. Transaksi tidak lagi menggunakan uang kas, melainkan uang digital melalui transfer bank, dompet digital hingga skema pembayaran QR Code dari Bank Indonesia. Pengusaha UMKM perlu memahami konsep digital marketing skema pembayaran online agar tidak gaptek. Termasuk di dalamnya mengenai isu keamanan digital. Anda bisa membaca pelatihan keamanan digital UMKM melalui link berikut ini: 

https://kejarumkm.com/2022/05/12/pelatihan-umkm/

Apa yang diperoleh dari pelatihan konsep digital marketing UMKM?

Kelompok belajar UMKM (KejarUMKM) memberikan pelatihan konsep digital marketing untuk memberikan dasar-dasar pengusaha UMKM memahami dunia bisnis online meliputi:

  1. Pelatihan konsep digital marketing memberikan wawasan awal mengenai apa itu dunia digital marketing, cara kerja dan bagaiaman memahami cara berjualan hingga untung. Termasuk skema bisnis terbaru yang perlu diupdate. 

  2. Pelatihan konsep digital marketing memberikan wawasan cara kerja marketplace, media sosial, media pesan instan serta teknik-teknik mengembangkan digital marketing di platform tersebut. 

  3. Pelatihan konsep digital marketing dalam membuat konten-konten sederhana, copywriting berjualan hingga mendesain konten planner agar kampanye online tersusun dengan baik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.