pelatihan umkm

Pelatihan Keamanan Digital (Cyber Security) Bagi UMKM

KejarUMKM.com – KejarUMKM membuka pelatihan keamanan digital (Cyber Security) bagi UMKM yang dapat diikuti secara online atau offline. 

Pelatihan keamanan digital menjadi penting sekarang karena adanya ancaman isu-isu keamanan digital yang menyerang UMKM terutama yang sudah terjun di marketplace. 

Meluasnya penggunaan akses internet oleh pelaku UMKM, serta interaksi yang cukup tinggi terhadap pasar online berbentuk marketplace membawa dua sisi bagi perkembangan UMKM oleh karena itu bisa mengikuti pelatihan  UMKM. 

UMKM mendapat akses terhadap pasar-pasar konsumen baru yang membawa dampak positif bagi peningkatan pendapatan usahanya. 

Sementara sisi negatifnya adalah hadirnya ancaman isu-isu keamanan digital seperti peretasan data, pengambil alihan akun penjualan berbentuk media sosial hingga marketplace. 

Banyak pelaku usaha UMKM belum begitu menyadari hadirnya ancaman keamanan digital. 

Pelaku usaha hanya berfokus pada pengembangan akses pasar konsumen untuk meraup untung sebanyak-banyaknya. 

Bahkan ekspansi usaha di masa digital lebih banyak difokuskan pada prospek penjualan marketplace.

Meningkatkan softskill di bidang digital marketing dan bahkan memperbanyak akses digital terhadap bahan baku melalui pelatihan UMKM. 

Sementara isu keamanan digital sendiri belum dipahami dengan baik. 

Pelaku usaha hanya memahami bahwa keamanan digital tak lebih dari menyimpan akun dan kata kunci dengan baik. 

Beberapa isu keamanan digital yang perlu diperhatikan pelaku usaha UMKM adalah peretasan data.

Pengambil alihan akun baik akun media sosial maupun akun rekening bank, maupun akun dompet digital. 

Isu-isu ini rutin mengintai kegiatan transaksi pelaku usaha UMKM, terutama pada saat proses transaksi penjualan, transaksi transfer hingga transaksi pengiriman barang.

Lalu bagaimana mencegah masuknya ancaman keamanan digital bagi pelaku usaha UMKM terutama pada saat proses jual beli dan penataan arus kas keuangan? 

Berikut beberapa tips dan trik dari Kelompok Belajar UMKM dalam memperkuat keamanan digital:

  1. Menyiapkan akun-akun sosial media dengan password atau kata kunci yang sulit ditebak dan diakses. Pelaku usaha bisa membuat kata kunci rumit dan hanya dirinya yang tahu.

  2. Akun-akun media sosial diberikan otentikasi dua faktor yang meliputi otentikasi kode token OTP, no handphone dan bahkan melalui email. Pengamanan berjenjang ini akan memudahkan dalam menutupi celah keamanan digital. 

  3. Memasukkan autentikasi dua faktor pada dompet digital. Beberapa pelaku usaha UMKM cenderung menggunakan dompet digital untuk menerima pembayaran. Sementara celah peretasan pada akun dompet digital juga cukup banyak. Oleh karena itu perlu mempertimbangkan adanya otentikasi dua faktor dalam bentuk kode OTP hingga no handphone, PIN dan juga alamat email.

  4. Belajar mengatasi serangan digital jika ternyata akun-akun media sosial, marketplace maupun rekening keuangan digital mengalami peretasan. 

Proses belajar keamanan digital atau isu-isu yang sering melanda usaha UMKM dapat ditemukan dalam pelatihan UMKM yang digelar Kelompok Belajar UMKM di Sleman Yogyakarta. 

Bagi sektor industri yang ingin memberikan pendampingan pelatihan keamanan digital (cyber security) bagi kelompok usaha UMKM dapat menghubungi Kelompok Belajar UMKM di Kantor Meravi Nogotirto Sleman Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.