Membangun Usaha di Era Millenial

Keypoints : Membangun Usaha di Era Millenial

Dalam beberapa Seninar/Pelatihan/FGD kami selalu sharing hasil riset kami terbaru mengenai Usaha di Era Millenial. Pokok-Pokok temuannya adalah sebagai berikut:

  1. Memasang Sikap Mental yang cocok, yaitu berpikir positif, bekerjasama dan berani. Sikap-sikap itu akan mendorong : mampu melihat kesempatan sebelum orang lihat, mampu memahami bagaimana memanfaatkan kesempatan sebelum orang lain paham, dan mampu mengambil tindakan sebelum orang lain bertindak.
  2. Tidak cukup inovasi di produk, perlu inovasi di model bisnis. Saat ini bukan masalah produk, tetapi bagaimana cara menjual produk.
  3. Jamannya kolaborasi, bukan jaman jalan sendiri-sendiri. Kalau bisnis anda rumit, sulit dikerjasamakan, itu masuk ciri-ciri bisnis yang sulit berkembang di masa ini.
  4. Siklus hidup produk sangat pendek. Setiap 3 bulan perlu amati, 9 bulan harus bisa panen, BEP maksimal 3 tahun. Setiap dua tahun akan muncul trend/produk baru yg berpotensi menggeser produk/layanan anda.
  5. Kalau bisa dikerjakan orang lain, kenapa harus dikerjakan sendiri? Rancang bisnis anda untuk dikerjakan sendiri/tim inti benar-benar yang proses bisnis utama. Jadikan struktur yang kecil dan gesit. Kombinasikan dengam freelance dan outsourcing untuk antisipasi lonjakan permintaan.
  6. Kalau bisa pakai aset orang lain, kenapa harus pakai aset sendiri. Definisi aset adalah aset yang bisa menghasilkan pendapatan. Hindari aset nganggur ( idlle asset). Aset selain investasi, ingat ada biaya maintenancenya. Perhitungkan betul-betul kita mau investasi.
  7. Mayoritas tenaga kerja muda sekarang berumur 23-25 masuk generasi millenial. Sejak SD mereka sudah pegang HP. Mereka sukanya kerja fleksibel, komitmen jangka pendek, dan berbasis hasil. Sesuaikan pola kerja anda, kalau ingin dapat SDM-SDM bagus.
  8. Kecil menyebar dan berjejaring, lebih bagik dari pada satu besar memusat. Volatilitas bisnis sangat tinggi, susah di prediksi, kalau bisnis anda memusat, satu kena, ambyar semua.
  9. Bisnis gaya hidup: Food, Fashion, Travel masih akan OK. Hanya saja Trend berganti sangat cepat.
  10. Sistem serta sikap mental yamg paling pas adalah Sistem Ekonomi Berbagi (Sharing Economy). Bisnis yang dicari saat ini (baik oleh investor ataupun customer) adalah bisnis yg memiliki jatidiri, berjejaring, ramah digital dan ramah lingkungan.

Salam Kolaborasi.

PS. Tulisan-Tulisan seperti ini akan diposting rutin di www.facebook.com/kejarumkm dan www.kejarumkm.com

Nantikan Launching Sekolah UMKM 30-03-2020

PenuhEnergi #SekolahUMKM

TerusBergerak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *