Kupas Laporan Posisi Keuangan Berdasarkan SAK EMKM

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa UMKM menyajikan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. Laporan keuangan tersebut minimal harus memuat tiga hal, yaitu laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, dan catatan atas laporan keuangan. Nah, yang akan kita bahas hari ini adalah tentang laporan posisi keuangan. Laporan posisi keuangan menyajikan informasi tentang aset, liabilitas, dan ekuitas entitas pada akhir periode pelaporan yang terdiri dari akun-akun sebagai berikut:

  1. Kas dan setara kas
  2. Piutang
  3. Persediaan
  4. Aset tetap
  5. Utang usaha
  6. Utang bank
  7. Ekuitas

UMKM menyajikan akun dan bagian dari akun dalam laporan posisi keuangan jika penyajian tersebut relevan untuk memahami posisi keuangan entitas. Akun-akun aset disajikan berdasarkan urutan likuiditas dan akun-akun liabilitas berdasarkan urutan jatuh temponya. Akun aset diklasifikasikan menjadi aset lancar dan aset tidak lancar sedangkan akun liabilitas diklasifikasikan kedalam liabilitas  jangka pendek dan liabilitas jangka panjang secara terpisah di dalam laporan posisi keuangan. Aset-aset yang diklasifikasikan sebagai aset lancar adalah

  1. Aset yang diperkirakan akan direalisasi atau dimiliki untuk dijual atau digunakan, dalam jangka waktu siklus operasi normal entitas,
  2. Jika aset tersebut dimiliki untuk diperdagangkan,
  3. Jika aset tersebut diharapkan akan direalisasikan dalam jangka waktu 12 bulan setelah akhir periode pelaporan, serta
  4. Aset yang berupa kas atau setara kas, kecuali jika dibatasi penggunaannya dari pertukaran atau digunakan untuk menyelesaikan liabilitas setidaknya 12 bulan setelah akhir periode pelaporan.

Sedangkan aset-aset yang tidak memiliki kriteria seperti diatas, diklasifikasikan sebagai aset tidak lancar. Jika siklus operasi normal entitas tidak dapat diidentifikasi dengan jelas, maka siklus operasi diasumsikan 12 bulan.

Liabilitas diklasifikasikan sebagai liabilitas jangka pendek jika:

  1. Diperkirakan akan diselesaikan dalam jangka waktu siklus normal operasi entitas;
  2. Dimiliki untuk diperdagangkan;
  3. Kewajiban akan diselesaikan dalam jangka waktu 12 bulan setelah akhir periode pelaporan; atau
  4. Entitas tidak memiliki hak tanpa syarat untuk menunda penyelesaian liabilitas setidaknya 12 bulan setelah akhir periode pelaporan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *