Tiga Cara Mendapatkan Pelanggan Dengan Cepat

Tiga Cara Mendapatkan Pelanggan Dengan Cepat

Memulai sebuah usaha, salah satu yang menjadi ketakutan adalah apakah ada yang  menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan. Apakah produk atau jasa kita laku di pasaran? Apakah ada pelanggan dari produk atau jasa kita? Bagaimana jika pasar tidak menerima? Pertanyaan-pertanyaan seputar penerimaan produk, laku dan tidak memang menjadi pertanyaan umum ketika hendak memulai sebuah usaha.

Sebagai pelaku usaha, tentu saja kita menginginkan produk atau jasa yang kita tawarkan disambut oleh pasar, laku dan memberi keuntungan dalam perputaran usaha yang kita jalankan. Lebih lagi adalah, mendapat sambutan dan pelanggan dengan cepat.

Pelanggan adalah kunci utama dalam usaha, apa pun jenis yang akan Anda jalankan, Anda harus memiliki pelanggan, dan untuk memiliki pelanggan Anda harus menerapkan strategi khusus. Pelanggan adalah mereka yang telah loyal terhadap produk atau jasa Anda, mereka yang akan menggunakan berulang, dan percaya dengan produk atau jasa Anda.

Pertanyaannya adalah, pelanggan tentu saja tidak bisa tercipta dengan cepat. Seseorang yang membeli produk atau menggunakan jasa kita tentu tidak akan langsung percaya, tentu ada pertimbangan sampai pada konsumen memutuskan menjadi pelanggan atau berlangganan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Untuk mempercepat kepercayaan konsumen, agar mereka menjadi pelanggan yang loyal terhadap produk atau jasa yang kita buat, maka perlu beberapa cara yaitu sebagai berikut;

1. Ciptakan Pelanggan dengan Harga yang Bersaing

Harga, tentu saja harga adalah hal pertama yang menjadi penilaian dari konsumen. Maka, Anda sebagai pelaku usaha harus menetapkan harga yang benar-benar sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Sebagai pelaku usaha mengalami dilema dalam menentukan harga bersaing tentu saja, tapi kembali lagi bahwa dengan menciptakan harga yang bersaing dengan produk atau jasa sejenis di pasaran kita dapat menarik konsumen, dan bisa jadi dengan harga yang sesuai dan bersaing mereka akan kembali membeli atau menggunakan jasa Anda.

Untuk menentukan harga bersaing, tentu saja Anda harus melakukan survei terlebih dahulu terhadap produk atau jasa sejenis yang menjadi pesaing Anda. Maka Anda bisa menentukan berapa harga yang kira-kira dapat menarik konsumen pesaing.

Menentukan harga bersaing, tidak hanya dengan mematok atau memasang harga lebih rendah dari pesaing. Tapi bisa dengan skema program misalnya bisa dengan potongan harga langsung, membuat diskon atau cashback.

2. Ciptakan Pelayanan yang Baik

Tidak dapat dipungkiri, pelayanan adalah hal penting dalam dunia usaha. Konsumen terkadang tidak lagi peduli dengan harga murah jika pelayanannya tidak baik. Pelayanan yang baik bisa berarti; pelayanan yang cepat, pelayanan yang memuaskan, pelayanan yang informatif, ramah dan lain sebagainya.

Maka, Anda harus bisa menyeleksi calon pekerja Anda, pekerja yang memiliki kepribadian dan sifat melayani. Sebab mereka yang akan menjadi wajah dari usaha Anda di mata konsumen.

Pelayanan yang baik, tepat dan cepat, terkadang menjadi kunci terciptanya pelanggan yang loyal. Pelanggan yang loyal, tidak lagi peduli dengan permainan harga dari pesaing Anda, sebab mereka telah nyaman dengan layanan Anda.

3. Lakukan Promosi dan Promosi

Jangan melupakan promosi, sebab promosi adalah cara memperkenalkan produk ke pasar atau masyarakat yang lebih luas. Ketika produk sudah ramai peminat, tetap lakukan promosi, tetap sediakan biaya untuk promosi. Promosi bisa dalam bentuk iklan atau penawaran langsung. 

Sebagai contoh, produk-produk yang sehari-hari kita jumpai atau bahkan kita gunakan, tidak berhenti melakukan promosi melalui iklan di televisi. Itu karena mereka ingin menambah pelanggan dan mempertahankan pelanggan. Maka, sebagai pelaku usaha, Anda harus memiliki alur promosi dan skema promosi, serta biaya promosi yang baik dan benar untuk bisnis Anda.

Demikian pembahasan mengenai, Tiga Cara Mendapatkan Pelanggan Dengan Cepat, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan dapat memotivasi kita untuk menjadi pelaku usaha yang lebih baik lagi. Salam. [ ryanstori ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *