Produk Yang Tepat adalah kunci Sukses Berjualan Online

Saat ini segala sesuatu tengah memasuki era digital, setiap orang saling berkomunikasi melalui lini digital. Sejak saat internet mulai masuk dan dikenal oleh masyarakat dunia secara luas, berbagai lini kehidupan berubah. Salah satunya adalah pola berbelanja di masyarakat. Jika sebelumnya belanja harus ke pasar, toko, atau mal, masih terikat pada jarak dan waktu. Saat ini belanja dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, melalui pasar online.

Maka, Anda sebagai pengusaha tentu sudah jauh hari menyadari akan perkembangan lini pemasaran secara online ini. Dan pasti Anda telah menjadi bagian dari penyedia layanan produk atau jasa berbasis online.

Dalam dunia yang serba digital, ketika Anda akan memasuki pangsa online, Anda perlu memikirkan dengan baik produk yang akan Anda jual. Sebab pemilihan produk yang tepat adalah kunci kesuksesan Anda di bisnis online.

Online Shop, atau toko online memang memberikan kemudahan dalam bertransaksi dan mendapatkan produk. Sehingga sebagai calon atau pelaku usaha, Anda harus bisa menentukan produk yang dipasar online bisa mendapatkan keuntungan besar. Jangan sampai, Anda hanya menjadi pengikut dari tren saja, sementara produk Anda tidak dilirik pembeli karena pembeli sudah menjadi pelanggan produk lain.

Seperti halnya di pasar offline, pasar online juga memiliki persaingan. Bahkan persaingan yang lebih besar dan lebih berat, karena tidak ada batasan jarak. Maka menyiasati persaingan tersebut, Anda harus bisa memilih produk yang tepat. Berikut tips dan cara memilih produk untuk memulai usaha online.

Jual Produk yang Tidak Mudah ditemukan Secara Offline

Tips pertama, yaitu mencari produk yang di pasar offline jarang di temukan. Sederhananya begini; ketika seseorang mencari barang secara offline tidak ada, maka dia akan mencari secara online. Nah, maka Anda memiliki peluang sebagai pelaku utama di ranah online untuk produk tersebut.

Selain, juga Anda perlu mempertimbangkan keberadaan produk tersebut di ranah online, bagaimana tingkat permintaan, apakah sudah ada pesaing Anda? Bagaimana perkembangan pesaing Anda, dan berbagai pertimbangan lain, sampai Anda yakin bahwa produk tersebut adalah produk yang pas dengan usaha Anda.

Jual Produk yang Tidak Mudah Rusak atau Kadaluwarsa

Jualan dengan sistem online, memberi jeda waktu barang ke tangan konsumen. Maka Anda perlu memikirkan karakteristik produk yang Anda jual. Jika Anda berjualan makanan maka Anda harus memastikan tanggal kedaluwarsa masih panjang, dan memastikan produk Anda tersebut tidak mudah rusak.

Sehingga ada baiknya, Anda menjual produk yang tidak memiliki masa kadaluwarsa dan tidak mudah rusak. Sehingga dalam proses pengiriman, tidak mengalami kendala. Ingat, di Indonesia jasa kurir masih sering tidak mengirimkan barang dengan baik, masih sering terjadi kerusakan dalam proses pengiriman, juga proses penundaan, sehingga barang tidak sampai tepat waktu.

Jual Produk dengan Beban Ringan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jualan online memerlukan jasa kurir. Maka Anda perlu memikirkan produk yang Anda jual adalah produk yang memiliki beban ringan. Jika produk Anda terlalu berat, maka pelanggan akan dibebani biaya kirim yang tinggi, hal ini dapat menyebabkan pelanggan urung membeli produk Anda.

Dari ketiga tips di atas, adalah menjadi tips kunci Anda berjualan secara online. Tidak sedikit pengusaha gagal memasuki pasar online karena salah memilih produk, maka Anda harus benar-benar mempertimbangkan produk yang akan Anda pasarkan di era keterbukaan informasi ini. Semoga bermanfaat. Salam. [ ryanstori ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *