Apakah Business Plan Penting untuk UMKM, Ini Jawabannya

Apakah Business Plan Penting untuk UMKM, Ini Jawabannya

Kenapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) butuh Business Plan, karena sekecil apapun usaha Anda, Business Plan alias rancang bangun usaha akan menjadi penentu keberhasilannya. Soalnya Business Plan akan memberikan gambaran lengkap mulai dari konse usaha hingga berbagai strategi yang Anda harus mainkan dalam mengelola usaha Anda nanti. 

Membangun bisnis yang sukses perlu adanya sebuah perencanaan yang matang. Perencanaan tersebut yang akan menjadi dasar dalam penyusunan strategi bisnis. Yuk kita simak kenapa sih seorang pengusaha seharusnya membuat business plan ? 

  1. Trend masyarakat yang berubah-ubah 
  2. Menghindari kesalahan fatal 
  3. Meningkatkan modal usaha 
  4. Mengontrol usaha dan dapat menuntukan prioritas

Karakteristik business plan yang baik adalah :

a. Realistis

Rencana yang baik adalah rencama yang direalisasikan atau diimplementasikan. Rencana yang disusun dengan realistis dan sesuai dengan target akan bermanfaat untuk kesiapan suatu bisnis. 

b. Spesifik

Menetapkan dan menjelaskan diskripsi pekerjaan serta struktur organisasi yang spesifik menjadi alat ukur kesuksesan business plan. 

c. Komunikatif

Semua yang tertuang dalam business plan harus dituliskan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh seluruh pembaca. 

Business Plan adalah rencana tertulis yang menjelaskan tentang bagaimana suatu kegiatan bisnis dilakukan agar tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai.

Rencana yang dituliskan di sini adalah rencana jangka pendek yaitu 1 hingga 5 tahun. Pada business plan yang akan kita susun saat ini adalah rencana 1 hingga 3 tahun ke depan. Untuk membuat rencana bisnis tersebut diperlukan adanya penjelasn mengenai : 

  1. Identitas bisnis 
  2. Rencana dan strategi untuk mencapai tujuan 
  3. Kesimpulan yang berupa penjabaran mengenai plan, do, chack and act

Tujuan seseorang dalam menjalankan bisnis adalah mendapatkan penghasilan baik untuk kehidupan sehari-hari maupun untuk tambahan keuangan.

Maka sangat penting untuk memahami memahami identitas bisnis atawa usaha yang sedang kita jalankan seperti visi, misi dan tujuan usaha kita. 

Dari Business Plan ini pula kita akan menjadi tahu siapakah segmen alias pembeli produk kita, bagaimana proses bisnisnya dan siapa sajakah yang akan terlibat dalam aktivitas kebutuhan sehari-hari. 

Setelah mengetahui beberapa hal di atas barulah kita menentukan rencana dan strategi bisnis untuk mencapai target penghasilan yang kita telah patok.

Peta strategi yang telah kita buat akan menjadi pola yang akan kita laksanakan dan kita awasi sehingga kita memiliki langkah yang konsiisten menuju target yang kita telah tentukan. 

Business Plan, selain penting untuk melaksanakan kegiatan usaha sehari-hari juga dapay lebih mengarahkan dan memotivasi diri kita sendiri dalam menjalankan usaha. Satu lagi, Business Plan juga akan sangat membantu kita ketika kita sudah harus berpikir mengenai Pihak Eksternal.

Pihak Eksternal yang dimaksud adalah pihak yang kita bidik untuk kita ajak bekerjasama baik itu sebagai investor ataupun mitra usaha. Business Plan Anda akan sangat menentukan keberhasilan membangun kerjasama ini.(timumkm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *