Menjadi UMKM Sukses dengan Riset Pasar

Riset Pasar

Dunia usaha kian hari kian menarik perkembangannya, sejalan dengan teknologi dan informasi yang terus berkembang, pelaku usaha pun kian gencar mengeluarkan ‘ide dan inovasi’ untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. Hal ini, kemudian akan memunculkan banyak produk baru di pasaran.

Kita masih ingat dengan berbagai fenomena jajanan viral; es kepal milo, salah satu contohnya yang pernah viral di berbagai daerah. Kini, es kepal milo sudah redup. Tidak lagi ada pasar, bahkan sudah jarang yang menjual es kepal milo.

Kenapa ini terjadi? Karena, fenomena semacam ini hanya fenomena yang bersifat sementara, momentum. Pembeli hanya penasaran semata dan setelah mencoba maka merasa cukup. Karenanya, model seperti ini tidak akan bertahan lama akan ditinggalkan pasar.

Es Kepal Milo hadir karena kemampuan pelaku usaha melakukan riset pasar, sehingga kemudian menjadi viral. Tentu, sebagai inisiator atau pelaku awal es kepal milo, telah melihat titik jenuh dan kapan produk viral akan berakhir, sehingga sudah memiliki langkah selanjutnya ketika produk meredup.

Dari kasus di atas kita belajar bersama bagaimana pentingnya untuk melakukan riset pasar. Riset pasar bukan hanya saat kita akan membukan usaha, tetapi terus dilakukan ketika usaha telah berjalan. Hal ini menjadi sangat penting, karena sifat pasar terus berubah.

Sebagai pelaku usaha umkm, pasti Anda memiliki kesibukan berlebih, tidak hanya pada usaha Anda, ada kesibukan lain di luar usaha Anda. Lebih lagi, bagi Anda pelaku usaha umkm yang saat ini masih menjadikan usaha umkm sebagai usaha sampingan Anda, bisa jadi Anda masih direpotkan oleh pekerjaan utama Anda, sehingga Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan riset pasar.

Para pelaku usaha umkm yang telah sukses dan meraih pasar di sekala nasional, dalam proses membangun dan mengembangkan usaha umkm tidak pernah instan. Setidaknya dalam kurun lima tahun pertama, inovasi dan riset pasar tidak pernah ditinggalkan.

Ya, lima tahun pertama berjalannya usaha umkm Anda adalah lima tahun yang menentukan untuk masa mendatang dari usaha Anda. Dalam lima tahun pertama ini, menjadi penting untuk melakukan riset pasar, hal ini bertujuan agar Anda mengetahui perkembangan pasar dan perkembangan kompetitor Anda.

Sebagai pelaku usaha umkm, tentu Anda memiliki pesaing; dari segi  produk dan daerah penjualan. jangan sampai Anda hanya menjadi pengikut pasar, karena kompetitor Anda telah jauh merancang inovasi dan cara menarik pelanggan.

Terlebih bagi pelaku umkm yang berada di bidang pakaian,  setiap tahun model dan tren pakaian terus berubah. keinginan pasar terus berubah, kompetitor Anda terus melakukan inovasi. karenanya, riset pasar harus Anda lakukan dalam kurun waktu tertentu.,  agar Anda tidak ketinggalan perkembangan yang terjadi.

Dengan terus mengadakan riset pasar, Anda bisa sigap dalam menghadapi tantangan pasar dan tidak kalah bersaing dengan produk dari kompetitor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *