Mengapa UMKM Membutuhkan Business Plan?

Mengapa UMKM Membutuhkan Business Plan?

Ketika kita akan membuat sebuah usaha, sebelum memulai menjalankan usaha ada tahap awal yang harus kita lakukan yaitu tahap perencanaan. Biasanya tahap perencanaan ini disebut dengan rencana bisnis atau business plan. Akan tetapi, masih banyak yang hanya membuat rencana kasar, tidak tersusun secara rapi, bahkan tidak tertulis.

Rencana Bisnis atau Business Plan bisa diartikan sebagai pernyataan formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut. Maka dalam memulai usaha, sebaiknya kita memiliki rencana bisnis yang tertulis, mengapa itu perlu? Tim www.kejarumkm.com bersama tim www.stori.id mengulas mengapa Anda membutuhkan business plan;

  • Untuk Mengawali Sebuah Bisnis

Yang paling utama mengapa Anda membutuhkan business plan yaitu untuk merancang strategi dan rencana awal dari bisnis Anda. Ketika kita akan menjalankan sebuah bisnis, tetapi tidak memiliki panduan berupa rencana bisnis, maka bisnis atau usaha yang akan kita jalankan akan sulit berkembang.

Maka, menjadi penting untuk menyusun sebuah rencana bisnis. Sehingga usaha Anda nanti akan lebih tersusun dengan baik dan memiliki arah atau tujuan yang jelas, pada akhirnya target yang ditetapkan dapat tercapai, dan usaha Anda dapat berkembang menuju kesuksesan berbisnis.

  • Untuk Mencari Sumber Dana

Rencana bisnis memiliki manfaat untuk mendatangkan investor atau penanam modal yang akan mendanai bisnis atau usaha Anda. Karena Rencana Bisnis dapat digunakan sebagai proposal atau dokumen untuk mengajukan permohonan kerja sama atau permodalan dari pihak lain seperti investor, perbankan, atau modal ventura.

Maka business plan yang Anda buat harus dapat menjawab pertanyaan investor misalnya; berapa keuntungan yang akan didapat investor jika menanamkan modal di usaha Anda, apakah investor mengerti dengan bisnis Anda yang menjadi tempat investasinya, dan apakah si investor bisa mempercayai Anda dan orang-orang yang bekerja di bisnis tempat investasinya? Dan pertanyaan lain yang berhubungan dengan usaha Anda.

  • Menjadikan Bisnis Lebih Fokus dan Terarah

Dalam menjalankan sebuah usaha, kita perlu fokus pada tujuan dari usaha kita. Maka business plan membantu Anda agar lebih fokus dan terarah dalam menjalankan roda bisnis Anda. Dengan adanya pedoman yaitu business plan, target bisnis Anda akan tercapai dan bisnis Anda akan lebih mudah berkembang sesuai rencana.

  • Untuk Memprediksi Masa Depan

Business plan bermanfaat untuk memberi prediksi di masa depan pada bisnis Anda. Karena dalam rencana bisnis Anda akan menyusun atau membuat gambaran jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dari bisnis Anda.

Sehingga membuat business plan sama dengan Anda melakukan ramalan atau prediksi mengenai bisnis Anda di masa mendatang. Walau sifatnya adalah subjektif, namun dengan penyusunan yang jelas dan lengkap, bisa menjadi prediksi yang akan mampu menjawab kenyataan atau kondisi di masa mendatang.

Karenanya dalam penyusunan business plan, perlu melakukan riset yang cukup, dan analisis yang tepat. Sebab tanpa riset dan analisis yang tepat, business plan yang Anda buat tidak benar-benar berguna bagi bisnis Anda di masa mendatang.

  • Berguna Dalam Menaikkan Level Bisnis

Setiap kita menginginkan usaha kita dapat naik level. Ya, dengan Rencana Bisnis Anda memiliki kesempatan untuk menaikkan level bisnis ke tingkat yang lebih tinggi. Sebab, rencana bisnis yang disusun dengan baik, memberikan gambaran dan motivasi pencapaian target dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Jika business plan telah menjadi pedoman pencapaian target, dan target dapat tercapai, maka hasilnya adalah bisnis Anda akan naik level dari sebelumnya. Maka jangan remehkan dampak positif dari rencana bisnis yang baik dan benar.

Demikian, pembahasan mengenai Mengapa Anda Membutuhkan Business Plan? Semoga dapat bermanfaat dan memberikan motivasi untuk menjalankan usaha yang lebih baik lagi. Salam Sukses. [ Ryanstori ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *