Ini Cara Sukses Usaha Kuliner Daerah

Ini Cara Sukses Usaha Kuliner Daerah

Keberagaman di Indonesia sangat beragam, bisa di pastikan setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing, baik dari seni, adat, budaya, bahasa, pakaian, dan makanan. Nah, kekayaan makanan nusantara ini, atau lebih kita kenal sebagai kuliner nusantara, sebaiknya Anda tangkap sebagai peluang. Ya, karena Anda adalah calon pengusaha sukses, yang senantiasa harus mampu menangkap potensi di sekitar sebagai peluang usaha.

Misalnya kuliner nusantara yang sudah umum kita jumpai adalah Masakan Padang, hampir di seluruh daerah di Indonesia setidaknya ada warung makan padang. Walau namanya warung makan padang, tidak jarang pemiliknya atau pengelolanya bukan asli orang padang, ini berarti kemampuan menangkap peluang, dari nama masakan padang yang telah kesohor.

Lain lagi misal cerita soal pempek, makanan tradisional asal Palembang yang termasuk dalam salah satu kuliner daerah dengan minat yang banyak di Indonesia. Banyaknya peminat makanan ini, membuat para pelaku usaha di kota lain menjual makanan khas Palembang ini, tidak jarang saat ini pempek dapat kita temui di sudut-sudut kota, atau bahkan di warung tetangga Anda.

Nah, kuliner Nusantara yang beragam, bisa menjadi salah satu usaha yang menarik. Anda harus bisa mengambil peluang usaha kuliner Nusantara. Namun sebelum Anda memulai, ada baiknya Anda mengikuti ulasan kami, perihal kiat sukses usaha kuliner daerah. Berikut ulasannya untuk Anda;

  • Memperluas Wawasan Produksi

Pertama yang harus Anda siapkan adalah memperluas wawasan produksi dari usaha kuliner yang akan Anda pilih dan jalankan. Karena wawasan produksi menjadi sangat penting, dalam hal ini meliputi; bahan baku, cara pengolahan, cara menghidangkan, cara mengemas, dan cara menarik konsumen.

Kita ambil contoh; misalnya Anda akan memulai usaha kuliner nusantara yaitu Pempek, maka Anda harus menguasai wawasan produksi pempek, mulai dari bahan baku, cara pembuatan, kualitas rasa hingga cara mengemas yang dapat menarik konsumen.

Maka cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan sering mengunjungi tempat atau usaha pempek atau usaha yang ingin Anda jalankan. Hal ini berguna, sebagai media belajar Anda, mengamati bagaimana usaha tersebut berjalan.

Dengan menguasai wawasan, Anda juga pada akhirnya memahami pesaing Anda, ketika Anda memahami pesaing Anda, mengerti kekurangan dan kelebihan produk pesaing di bandingkan produk Anda, maka Anda dapat melakukan inovasi untuk menarik konsumen pesaing Anda.

  • Lakukan Inovasi

Seperti telah kita singgung sebelumnya, melakukan inovasi adalah upaya menarik konsumen. Maka ketika Anda akan memulai sebuah bisnis kuliner nusantara Anda baiknya Anda melakukan inovasi, hal ini mengingat kuliner nusantara adalah kuliner yang diwariskan kepada seluruh masyarakat dari asal kuliner tersebut, dan tentu saja resep rahasia dari kuliner tersebut telah beredar luas, sehingga siapa saja dapat membuat. Baca tentang : Inovasi Produk dari Kain Lurik

Maka, Anda perlu melakukan inovasi, hal ini agar Anda memiliki resep rahasia dari kuliner nusantara versi Anda sendiri. Misalnya, ketika Anda akan memulai usaha Pempek, maka buatlah pempek yang berbeda pada umumnya bisa dari rasa, bentuk, warna, dan lain sebagainya.

Dengan inovasi, maka konsumen akan menilai usaha atau produk Anda berbeda dari usaha sejenis yang berada di kota Anda. Sehingga mereka akan mempromosikan produk Anda karena keunikan atau cita rasa yang berbeda. Ingat, kekuatan promosi media sosial yang berasal dari konsumen dapat menjadikan usaha Anda viral dan terkenal.

  • Memahami Target Pemasaran

Setelah menguasai wawasan produk, telah melakukan inovasi, maka selanjutnya adalah menentukan target pasar. Ya, dalam usaha menguasai target pasar adalah hal utama, sebab produk yang Anda jual tujuan akhirnya adalah dibeli atau diterima oleh pasar.

Maka, ketika Anda telah menentukan kuliner apa yang Anda pilih, Anda juga harus menentukan dan memahami dengan jelas siapa target promosi Anda. Agar Anda dapat dengan jelas mengetahui dan menguasai strategi dalam memproduksi dan pemasaran.

Kita ambil contoh; ketika usaha Anda adalah kuliner masakan padang, dan Anda menargetkan calon pembeli Anda adalah mahasiswa, maka target pasar Anda mahasiswa, maka Anda harus mencari tempat yang dekat dengan kampus atau kos mahasiswa.

  • Mengoptimalkan Pemasok dan Distributor

Kerja sama antara Anda, Pemasok dan Distributor adalah hal penting dalam menjalankan sebuah usaha. Maka Anda sejak awal harus memiliki kerja sama yang jelas dengan pihak-pihak ini. Hal ini menjadi penting karena kualitas produk menjadi dipertaruhkan.

Misalnya; ketika Anda bekerja sama bahan baku produk, maka Anda harus menetapkan standar bahan baku yang akan Anda gunakan. Sehingga pemasok memahami dan harus mengirim bahan baku yang sesuai dengan spesifikasi Anda.

Kemudian, ketika produk Anda telah siap di pasarkan maka yang Anda harus lakukan adalah mencari distributor yang dapat dipercaya dan kompeten untuk membantu Anda mengembangkan usaha kuliner Anda.

Jangan sampai Anda mendapatkan pemasok dan distributor yang curang, atau tidak sesuai dengan tujuan usaha Anda, sebab hal tersebut dapat menurunkan kualitas produk dan tingkat kepercayaan konsumen Anda.

  • Lakukan Promosi

Promosi adalah upaya memperkenalkan usaha Anda kepada calon konsumen. Maka hal yang terakhir dan menjadi senjata ampuh dalam mengembangkan usaha Anda adalah dengan memperkuat sistem promosi secara meluas, agar Anda dapat menarik konsumen yang menjadi target Anda.

Di era digital seperti saat ini Anda bisa memulai dengan membuat akun media sosial yang bisa menjadi wadah Anda menjelaskan dan memasarkan usaha Anda secara unik. Akun media sosial ini menjadi wajah usaha Anda di era digital, maka Anda harus dapat menjelaskan apa usaha Anda, dan menyapa konsumen Anda dengan baik.

Nah, demikian pembahasan mengenai Cara Sukses Usaha Kuliner Daerah Semoga bermanfaat bagi Anda, dan dapat memotivasi Anda untuk menjadi pengusaha sukses. Salam karya [ Ryanstori ] 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *