Kenapa Anda ragu memulai suatu usaha?

Kenapa Anda ragu memulai suatu usaha?

Kita bersama, apa pun profesi kita saat ini; sebagai karyawan, pelajar atau pegawai negeri, tentu menginginkan memiliki sebuah usaha. Hal ini wajar, karena kebutuhan ekonomi yang semakin hari semakin tinggi, sehingga memerlukan tambahan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan adalah dengan membuat usaha, ya karena sebagai karyawan gaji kita terbatas, mentok dapat tunjangan dan uang lembur yang juga terbatas.

Akan tetapi, keinginan kita untuk membuka atau memulai usaha tidak jarang hanya sampai pada keinginan dan angan semata. Hal ini, karena ada hambatan dari dalam diri kita sendiri yaitu kita masih ragu untuk memulai dan menjalankan usaha.

Kita ragu memulai usaha, itu wajar karena kita masih dalam zona nyaman sebagai pekerja yang setiap bulan mendapatkan gaji. Sehingga fokus kita belum benar-benar merasa perlu memulai sebuah usaha. Keraguan-keraguan dalam memulai usaha ini, setidaknya sebagai berikut:

  1. Terlalu lama memikirkan usaha yang cocok untuk kita jalankan.
  2. Bingung dengan modal yang diperlukan dan ketakutan akan risiko untung rugi.
  3. Belum dapat mengalokasikan waktu dengan aktivitas saat ini sebagai karyawan.
  4. Belum memiliki konsep usaha ketika usaha dijalankan oleh orang lain atau menggunakan karyawan.

Persoalan di atas, menjadi persoalan yang umum kita dapati dan menjadi penghambat kita ketika akan memulai usaha. Alih-alih memulai usaha, kita justru terjebak pada ketakutan dari pertanyaan yang jawabannya akan kita temukan ketika kita telah masuk dan memulai sebuah usaha.

Seperti kata pengusaha sukses Indonesia Om Bob atau Bob Sadino “Usaha adalah mencari rugi – pengusaha itu mencari gagal”

kalimat-kalimat Om Bob benar adanya, jika kita hanya mencari untuk dan mencari sukses, maka kita hanya terjebak pada mencari tanpa memulai, sedangkan dalam usaha yang penting adalah memulai usaha, tentu memulai dengan perencanaan dan tujuan yang jelas, bukan asal memulai. Setidaknya, memulai untuk menjawab keraguan kita dari usaha yang ingin kita jalankan.

Maka, menjadi penting bagi Anda calon pengusaha sukses untuk segera membuat proposal atau bisnis plan Anda. Dengan bisnis plan yang baik, Anda akan mendapatkan gambaran dari usaha yang akan Anda jalankan, selain itu bisnis plan juga dapat menjawab persoalan modal Anda, karena dapat digunakan sebagai proposal bisnis. Tentu saja, bisnis plan akan menjawab empat pertanyaan yang membuat Anda ragu di atas.

Baca Tentang : Ini Cara Membuat Bisnis Plan Agar Bisnis Berjalan Sesuai Rencana

Dengan membuat bisnis plan, maka langkah pertama Anda memulai sebuah usaha telah Anda lakukan. Selanjutnya adalah, menjadikan bisnis plan sebagai panduan Anda untuk memulai dan menjalankan usaha Anda.

Demikian pembahasan kali ini, semoga pembahasan kali ini bermanfaat, “pengusaha yang sukses adalah yang memulai”. Salam sukses. [ ryanastori ] 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *