Cara Cerdas Membuat Usaha yang Sulit Ditiru bagi UMKM

Bidang usaha terus berkembang, setiap hari lahir pengusaha baru, yang dalam hal ini bisa dinilai sebagai tren yang positif. Kemunculan para pengusaha baru dengan berbagai produk atau jasa yang coba ditawarkan, tentu saja akan memberikan dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan ekonomi sebuah negara, dalam hal ini Indonesia.

Jumlah, pelaku usaha baik mikro, kecil dan menengah, masih sangat rendah di Indonesia. Hal ini pada akhirnya mendorong pemerintah untuk fokus pada isu usaha kecil mikro dan menengah. Tentu saja, tidak hanya dalam wacana dan kajian. Pemerintah dalam beberapa tahun terakhir telah mendorong dan mencetuskan berbagai program dalam upaya tumbuh dan berkembangnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Karena, dorongan dan upaya yang serius terus dilakukan oleh pemerintah. Maka, kelahiran pengusaha atau pelaku usaha UMKM di Indonesia terus bermunculan. Hal ini kemudian menciptakan persaingan dan perebutan pasar bagi pelaku UMKM.

Persaingan yang sehat akan memberikan dampak positif terhadap keberlangsungan usaha. Artinya, semua pelaku usaha berlomba-lomba menciptakan dan menghadirkan produk atau jasa yang terbaik untuk pasar. Nah, bagaimana agar dalam menghadapi persaingan dan pertumbuhan pelaku usaha baru produk atau jasa Anda tidak mudah untuk ditiru atau diduplikasi?

Berikut adalah tiga hal yang wajib menjadi pegangan Anda dalam upaya menjadi pemimpin pasar, agar produk atau jasa yang Anda buat tidak hilang karena banyak produk dan jasa serupa di pasaran.

  • Cerdas Menentukan Prioritas

Dalam menumbuh kembangkan usaha, atau ketika Anda sedang akan merancang sebuah usaha baru, Anda harus cerdas dalam menentukan skala prioritas. Sehingga Anda memiliki tujuan yang jelas dari produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada pasar.

Sebagai contoh, di Kota Yogyakarta banyak pelaku usaha kuliner salah satunya adalah kuliner ala mahasiswa yang sangat umum dapat ditemukan di berbagai tempat yaitu Warung Bruto atau Armando. Konsep Warung Burjo ini menjadi ramai karena mudah ditiru, akan tetapi setiap Warung Burjo kemudian memiliki ciri tersendiri bagi pelanggan. Pemain baru dalam usaha Warung Burjo yang murni hanya ikut-ikutan dan meniru tidak sedikit yang akhirnya tutup. Hal ini karena tidak adanya tujuan yang jelas.

Nah, Anda sebagai calon pengusaha sukses, harus memiliki skala prioritas dalam produk Anda. Walau banyak pemain dalam usaha yang Anda jalankan, ketika Anda memiliki tujuan jelas, planing yang jelas, Anda akan dapat bertahan dan memiliki potensi pasar yang besar sebagai pemimpin pasar.

  • Cerdas Mencipta Keunikan

Hal penting setalah Anda memahami prioritas dari usaha Anda, paham akan tujuan jangka pendek, menengah dan jangka panjang dari tujuan Anda, maka selanjutnya jangan Anda lupakan ciri dari produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada pasar.

Seperti contoh sebelumnya; banyak warung Burjo di Kota Yogyakarta, namun hanya sebagian kecil yang benar-benar memiliki ciri khusus; baik dalam menu, tempat, dan fasilitas.

Nah, maka ketika Anda memulai sebuah usaha baru, agar Anda tidak mudah ditiru adalah dengan membuat keunikan yang menjadi ciri khas dari usaha Anda. Sehingga ketika pun ada orang yang meniru, Anda telah lebih dahulu sebagai pemimpin pasar, atau yang memiliki citra dari produk atau jasa tersebut.

  • Cerdas  Membuat Kebaharuan

Setelah memiliki skala prioritas, mampu mencipta keunikan, kemudian berlangsung adalah cerdas membuat kebaharuan. Usaha Anda harus terus berinovasi, menjadi yang terbaru dari pesaing Anda. Jangan Anda hanya bertahan dalam satu produk dan satu model, sebab pasar selalu meminta yang baru, yang terbaru.

Kebaharuan di sini bukan berarti produk Anda harus baru. Namun pengembangan atas produk Anda. Bisa cara pemasarannya, keunikan yang up to date, dan lain sebagainya. Artinya Anda tidak hanya diam diri, terus berinovasi dan mengembangkan usaha Anda.

Dari tiga cara cerdas di atas, usaha Anda akan berjalan dengan baik, orang atau pelaku usaha baru atau pesaing, akan sulit meniru usaha Anda. Maka, lihat lagi skala prioritas usaha Anda, lihat lagi keunikan dan ciri usaha Anda, dan kembangkan sebagai yang terbaru dalam usaha sejenis. Maka, Anda akan menjadi pemimpin pasar.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat, dan menjadikan kita terus mengasah kemampuan untuk mengembangkan usaha kita. Salam sukses. / Ryanstori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *