Libur Telah Tiba Tingkatan Keuntungan Bisnis Anda

Libur Telah Tiba Tingkatan Keuntungan Bisnis Anda

Memasuki musim liburan, bagi para pelaku usaha maka memasuki musim memanen keuntungan. Anda, sebagai pengusaha atau calon pengusaha tentu harus memahami siklus ini di Indonesia. Mengingat di Indonesia ada banyak musim liburan; musim liburan sekolah, musim liburan hari raya.

Saat memasuki musim liburan baik liburan sekolah atau liburan hari raya keagamaan, masyarakat banyak yang menggunakan waktu untuk berbelanja. Misal musim liburan sekolah, maka masyarakat akan berbelanja yang berhubungan dengan produk untuk sekolah. Atau ketika musim liburan hari raya seperti hari raya lebaran, maka masyarakat akan berbelanja yang berhubungan dengan hari raya atau juga umum.

Anda sebagai pelaku usaha, jangan sampai ketinggalan. Jangan sampai hanya melihat saja, Anda harus mengambil bagian dari panen raya pelaku usaha ini. Nah agar Anda juga dapat merasakan keuntungan, kami telah menyusun strategi apa yang dapat Anda lakukan untuk mengingatkan keuntungan saat libur telah tiba. Berikut ulasannya untuk Anda.

 

  • Jangan Takut Dengan Harga Normal

 

Banyak pelaku usaha yang menyambut musim liburan dengan menurunkan harga, memberikan harga rendah atau lebih murah memang akan mendatangkan banyak pembeli namun sering kali memberikan dampak pada pelaku usaha kehilangan keuntungannya.

Maka dapat dilakukan dengan strategi harga normal, namun tetap tarik perhatian pasar dengan harga rendah untuk beberapa produk saja.

 

  • Memberikan Diskon Yang Wajar

 

Salah satu strategi adalah dengan memberlakukan atau memberi diskon yang bombastis, sehingga akan menarik pengunjung. Tapi, memberlakukan diskon yang tidak wajar dapat menyebabkan kerugian pada usaha Anda. Maka berikan diskon yang wajar, Anda perlu menghitung pengeluaran dan pendapatan dengan tepat, sehingga diskon yang Anda keluarkan akan tetap memenuhi pengeluaran Anda.

Ada baiknya, Anda mencoba mengganti diskon dengan voucer.  Voucer menarik yang dapat untuk berbelanja produk Anda kembali, hal ini bisa menjadikan pengunjung menjadi pelanggan setia Anda.

 

  • Tarik Kembali Pelanggan Lama

 

Dalam dunia bisnis, kita harus memiliki pelanggan. Memiliki pelanggan sama dengan menambah aset dari usaha yang kita jalankan, tanpa pelanggan usaha kita tidak akan ada yang menggunakan atau membeli, maka akan mengalami kerugian. Menjaga pelanggan akan lebih sulit dari pada mendatangkan pelanggan. Namun pelanggan yang loyal, adalah pelanggan yang secara otomatis menjadi marketing dari usaha kita.

Maka, dalam berbagai kesempatan seperti musim liburan Anda harus dapat memanfaatkan keberadaan pelanggan Anda. Cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan mempromosikan produk baru atau Event musim liburan dari usaha Anda. Anda bisa menyampaikan secara langsung, atau menghubungi melalui telepon, atau mempublikasikan di sosial media yang Anda miliki.

 

  • Fasilitas Kemudahan dalam Membeli

 

Saat ini usaha berjalan dalam dua bentuk yang berbeda, yaitu dalam ranah offline atau langsung dan online atau berbasis internet. Keduanya harus Anda jalankan, mengingat permintaan dari pembeli tidak melulu berada di lini offline atau online, kedua lini masih memiliki pelanggan, dan masih dijalankan.

Maka, hal ini tidak hanya berlaku saat musim liburan namun di setiap saat, mengingat kesibukan pelanggan yang tidak sempat untuk mendatangi usaha Anda maka Anda perlu membuat toko online. Atau sebaliknya, karena musim liburan, pelanggan Anda memiliki waktu luang untuk mengunjungi toko Anda, maka Anda harus memiliki kios setidaknya untuk layanan offline.

Misalnya Anda berjualan produk pakaian, maka selain melayani pembelian secara langsung atau offline Anda juga harus menyediakan pelayanan pembelian secara tidak langsung atau online. Hal ini bisa dengan Anda mendaftarkan toko Anda di market place, atau agar lebih menarik Anda juga menjual di sosial media, dan ada membuat web khusus toko Anda sendiri, agar lebih optimal.

Nah, dari 4 hal tersebut Anda bisa mengoptimalkan agar dapat meraup keuntungan di musim liburan yang akan datang. Semoga bermanfaat.  / Ryanstori

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *