Jauhkan Hal Ini Jika Anda Ingin Menjadi Pengusaha

Jauhkan Hal Ini Jika Anda Ingin Menjadi Pengusaha

Saya, Anda, dan kita semua, sering kali memikirkan keinginan untuk memiliki usaha sendiri. Usaha sebagai sampingan untuk menambah pendapatan dari pekerjaan tetap, atau usaha sebagai pendapatan utama dan meninggalkan pekerjaan tetap.

Keinginan memiliki usaha sendiri, terlepas dari pekerjaan terhadap orang lain, agar dapat mengatur keuangan secara mandiri, dan memiliki kontrol penuh atas upaya mencari penghidupan ekonomi, adalah cita-cita banyak orang.

Akan tetapi, keinginan menjalankan sebuah usaha sering kali terhambat atau dihambat oleh keraguan yang justru muncul dari dalam diri sendiri, bahkan ketika keinginan itu baru saja muncul dalam pikiran atau angan-angan.

Saya, Anda atau kita, sering kali  merasa ragu. Bagaimana saya menjalankan usaha? Bagaimana jika saya mengalami kerugian? Bagaimana saya memulainya? Bagaimana saya mencari modal awal? Dan pertanyaan bagaimana, yang terus bermunculan di benak kita.

Kenapa saya, Anda atau kita menjadi ragu-ragu untuk memulai sebuah usaha? Tim www.kejarumkm.com bekerja sama dengan tim www.stori.id telah merangkum apa yang menjadi penyebab keraguan dalam memulai sebuah usaha, simak ulasan berikut;

  1. Kita terlalu lama memikirkan usaha apa yang cocok untuk kita lakukan.

Ketika akan memulai sebuah usaha, sering kali kita dibingungkan oleh begitu banyaknya peluang usaha yang ada di sekitar kita. Semua terlihat begitu menggiurkan dan dapat kita lakukan, akan tetapi justru membuat kita kebingungan untuk memilih yang mana yang paling cocok dengan diri kita.

Maka, perlu kiranya kita untuk melakukan penilaian dan analisis mendalam tentang potensi-potensi usaha yang ingin kita lakukan, dan memilih satu yang terbaik untuk segera memulai.

  1. Kita bingung dengan modal yang kita perlukan

Hambatan kedua adalah bagaimana atau dari mana modal usaha kita?  Tentu saja yang dapat menjawab pertanyaan ini adalah kejujuran atas kemampuan keuangan kita masing-masing.

Jika kita memerlukan dana yang cukup besar untuk usaha yang akan kita lakukan, kita bisa melakukan pinjaman kepada lembaga keuangan, atau mengajukan proposal bisnis kepada rekanan kita untuk menjadi investor.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pendanaan, yang perlu kita lakukan adalah membuat detail dari usaha yang akan kita jalankan, yaitu berupa bisnis plan.

Bagaimana cara membuat bisnis plan dapat dibaca dalam ulasan kami di Ini Cara Membuat Bisnis Plan Agar Bisnis Berjalan Sesuai Rencana

  1. Takut akan risiko untung atau rugi

Dalam sebuah usaha pasti memiliki sebuah risiko, apakah usaha yang kita jalankan akan memberikan keuntungan atau justru menyebabkan risiko kerugian. Kedua hal ini tidak dapat terlepas dari dunia usaha.

Sebagai calon pelaku usaha, pasti kita menginginkan usaha kita berjalan lancar dan memberikan keuntungan. Maka agar tidak terjadi hal di luar dari tujuan utama, seperti risiko kerugian. Perlu melakukan analisis mendalam tentang bidang usaha yang akan kita jalankan.

Selain itu, terus berinovasi ketika usaha telah dimulai. Jangan hanya terpaku dalam ketakutan untung rugi, tanpa memulai kita tidak tahu potensi apa yang akan kita dapatkan.

  1. Bingung Membagi Waktu

Pertanyaan yang sering kali menghambat berjalannya sebuah usaha adalah, bagaimana nanti saya mengalokasikan Waktu dan Aktivitas yang selama ini telah saya jalani? Stop! Seperti telah kita bahas di awal, kita perlu menentukan apakah usaha sebagai sampingan atau sebagai usaha total.

Ketika kita memiliki keinginan untuk memulai usaha, maka kita harus memberikan waktu ekstra untuk menjalankan usaha, baik itu usaha sampingan atau usaha penuh. Maka membagi waktu untuk usaha, bisa jadi adalah prioritas.

  1. Bagaimana mencari karyawan yang dapat dipercaya

Ketika usaha yang Anda jalankan dilimpahkan kepada orang lain, di mana Anda tidak secara langsung menjalankan usaha tersebut, pertanyaan ketakutan akan calon karyawan sering kali muncul.

Maka sebenarnya tidak menjadi masalah, selama kita memahami kebutuhan tenaga kerja usaha kita, dan telah memiliki sistem kerja yang tepat untuk usaha tersebut. Karyawan atau yang kita beri wewenang menjalankan, tinggal mengikuti instruksi dari sistem yang telah kita buat.

Ketika kita benar-benar ingin memiliki sebuah usaha, sebenarnya kita tidak perlu ragu untuk segera memulai usaha tersebut. Karena ketika kita menunda, maka kemungkinan ide usaha tersebut diambil atau dijalankan oleh orang lain sanggatlah mungkin.

Mengingat dalam usaha, siapa cepat akan mendapatkan pasar terlebih dahulu. Maka jangan sampai, ide kita hanya mentok sebagai wacana, sedang orang lain justru yang menjalankannya. Segera jauhkan pikiran-pikiran yang dapat menghambat Anda memulai sebuah usaha.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan dapat memotivasi untuk dapat segera merealisasikan upaya dan keinginan kita memiliki sebuah usaha. Salam Sukses [ Ryanstori ] 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *