Tips Sukses Bisnis Parcel Lebaran

Tips Sukses Bisnis Parcel Lebaran

Membuka usaha, kini dapat dilakukan oleh siapa pun, termasuk Anda yang saat ini masih berstatus sebagai karyawan. Dalam perkembangannya, usaha seperti itu adalah menjadi usaha sampingan, untuk memenuhi atau menambah pendapatan. Hal ini, menjadi maklum, karena kemudahan dan fleksibel dalam menjalankan usaha; bisa dilakukan secara langsung atau pun tidak langsung.

Dari segi pemasaran, saat ini sudah ramai digunakan media sosial dan toko Online atau pemasaran produk berbasis internet. Sehingga, tidak perlu repot membuka kedai dan membayar sewa tempat. Asal, Anda memiliki produk, maka Anda dapat menjaring pasar di dunia internet.

Nah, memasuki bulan Ramadhan, yang sebentar lagi akan menuju puncaknya yaitu perayaan hari raya Idul fitri, maka Anda sebaiknya untuk bisa menangkap peluang yang ada. Salah satunya adalah peluang membuka usaha parcel lebaran.

Parcel lebaran masih memiliki pasar yang besar, mengingat parcel telah masuk sebagai bagian dalam tradisi lebaran di tanah air. Nah, karenanya mari kita ulas apa saja yang perlu kita upayakan agar usaha parcel yang akan kita kerjakan dapat menuai kesuksesan. Tim kejarumkm, telah menyusun tips sukses berbisnis parcel lebaran sebagai berikut:

  • Kerja sama dengan Supplier yang tepat

Seperti kita bahas sebelumnya, untuk memulai sebuah bisnis saat ini bisa dilakukan oleh siapa pun, bahkan mereka yang telah memiliki pekerjaan atau sebagai karyawan. Hal ini dikarenakan kemudahan akses dalam melakukan usaha. Maka, Anda harus bisa menciptakan kemudahan dalam bisnis Anda, salah satunya adalah mencari rekanan untuk kerja sama yang tepat.

Supplier adalah rekanan dalam usaha pembuatan parcel. Dari supplier barang yang akan Anda jual berasal, maka usahakan mencari supplier yang memang sudah teruji; kualitas produk dan pelayanannya. Anda harus mencari supplier yang menawarkan harga murah tapi tetap berkualitas. Selain itu, cobalah mencari supplier yang mengizinkan metode pembayaran secara bertahap.

Kenapa Anda perlu mencari supplier yang dapat melakukan pembayaran secara bertahap? Karena dengan begitu, artinya Anda hanya memerlukan modal awal yang sedikit, sebab secara tidak langsung sudah dimodali oleh supplier Anda.

  • Melakukan Kreasi dan Inovasi bentuk parcel

Usaha parcel adalah usaha yang membutuhkan kreativitas tinggi, sebab pembeli akan melihat parcel Anda, seberapa menarik parcel yang Anda tawarkan. Maka sebelum memutuskan untuk terjun langsung ke bisnis jenis ini, sediakan waktu khusus untuk berlatih mengemas. Karena, selain isi, tampilan parcel menjadi nilai tawar tersendiri.

Anda harus melakukan inovasi dan berkreasi, untuk memberi variasi bentuk dan hiasan parcel Anda, hal ini bertujuan agar parcel Anda menjadi lebih unik dan menarik dari penjual parcel yang lain.

Anda, dapat  belajar secara otodidak dengan mencoba-coba, banyak referensi yang tersedia di internet, Anda dapat belajar melalui tutorial yang tersedia.

  • Tentukan siapa target konsumen Anda

Isi dari sebuah parcel sangat beragam, isi akan mempengaruhi harga. Begitu hukum yang berlaku dalam dunia ekonomi. Maka, Anda perlu memikirkan siapa target konsumen Anda, siapa yang akan menjadi pembeli parcel Anda.

Misalnya, jika Anda membuat parcel dengan harga Rp. 150.000,- maka Anda harus memahami, siapa yang akan membeli parcel Anda. Hal ini bisa dipelajari dengan memahami karakteristik lingkungan Anda, atau melihat potensi pasar yang ada, yang akan menjadi target pasar Anda.

Segmentasi Pasar secara lengkap dapat di baca di : Menentukan Segmentasi Pasar Produk UMKM Anda 

  • Yakinkan diri

Paling utama dalam memulai sebuah usaha adalah memiliki keyakinan, bahwa Anda merasa Anda mampu dan mau untuk melakukan usaha tersebut. Jika ada keraguan, maka Anda akan setengah hati atau tidak serius dalam menjalankan usaha Anda.

Yakinkan diri Anda dan potensi yang Anda miliki, jika Anda benar-benar memiliki keahlian membuat parcel, dan Anda memiliki modal untuk memulai, dan Anda memahami pasar parcel Anda, maka kerjakan dengan sepenuh hati.

Demikian tips berbisnis parcel lebaran, setiap bisnis memiliki risiko masing-masing, namun kita bisa mengupayakan bisnis kita agar diterima oleh konsumen, dengan terus melakukan serangkaian strategi dan inovasi. Oleh sebab itu, perlu strategi yang matang agar bisnis Anda dapat berjalan lancar dan dapat menghasilkan keuntungan. Semoga bermanfaat. Salam [ Ryanstori ] 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *