Menentukan Segmentasi Pasar Produk UMKM Anda

Menentukan Segmentasi Pasar Produk UMKM Anda

Segmentasi pasar, adalah hal penting dalam keberlangsungan sebuah usaha. Produk Anda harus jelas peruntukannya, di segmen pasar yang mana produk Anda akan di pasarkan. Apa Itu Segmentasi Pasar? Segmentasi pasar adalah sebuah elemen penting yang akan membantu dan memudahkan jalannya pemasaran yang telah dibuat oleh pebisnis.

Segmentasi pasar dilakukan dengan mengelompokkan produk yang dimiliki sesuai dengan kesamaan, kemiripan, minat serta kebutuhan pelanggan. Sehingga, dari data-data tersebut, Anda dapat memahami posisi calon pembeli dan posisi produk Anda.

Seperti uraian di atas, segmentasi pasar  berfungsi sebagai upaya untuk memusatkan tenaga serta energi marketing ke segmentasi pasar tertentu sehingga dapat menumbuhkan keuntungan yang kompetitif terhadap segmen tersebut. Hal ini, akan memudahkan tenaga kerja atau pemasar Anda untuk menjangkau siapa sebenarnya yang memerlukan atau cocok dengan produk Anda.

Apa saja yang menjadi pertimbangan dalam segmentasi pasar? Apa saja Jenis-Jenis Segmentasi Pasar? Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Segmentasi Pasar Berdasarkan Letak Geografis

Segmentasi pertama adalahlah letak geografis, hal ini akan menjawab pertanyaan di mana Anda menentukan dan mengelompokkan target pasar Anda? Mereka yang akan menjadi pasar Anda, masuk dalam kelompok tempat tinggal atau lokasi. Di mana konsumen Anda berada?

Sebagai contoh, ketika Anda memiliki produk yang berhubungan dengan kebutuhan mahasiswa, maka letak geografis yang cocok untuk usaha Anda adalah di dekat kampus. Misal jasa printer dan foto copy, jasa peminjaman buku referensi dan lain sebagainya.

  • Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi

Demografi menjadi faktor penting dalam segmentasi pasar, di dalamnya meliputi; jenis kelamin, usia, dan penghasilan, biasanya yang menjadi variabel dalam menentukan segmentasi demografi.

Misal Anda akan menjual produk khusus wanita, maka fokus tenaga penjualan Anda adalah kepada konsumen berjenis kelamin perempuan, melalui komunitas atau perkumpulan perempuan. Sehingga produk tepat sasaran.

  • Segmentasi Pasar Berdasarkan Waktu

Segmentasi berdasarkan waktu sering kali diabaikan oleh pelaku usaha, namun ternyata segmentasi berdasarkan waktu sangat efektif ketika digunakan dengan strategi segmentasi yang tepat.

Segmentasi berdasarkan waktu ini misalnya bisnis kue kering dan penjual baju akan laris dan kebanjiran pesanan saat mendekati hari raya Idul Fitri. Maka, melihat segmentasi pasar berdasarkan waktu menjadi penting, agar Anda memiliki informasi kapan produk Anda banyak dicari oleh konsumen.

  • Segmentasi Pasar Berdasarkan Harga

Konsumen yang beragam, tentu memiliki karakteristik secara ekonomi yang beragam pula. Maka dari itu, Anda perlu melakukan perhitungan mengenai strategi harga yang sesuai untuk produk Anda, dan Anda harus mengetahui segmentasi pasar berdasarkan harga produk yang Anda tetapkan.

Jika, memungkinkan Anda membuat produk yang sama dengan kualitas berbeda; misal harga sekian untuk kualitas A, harga sekian untuk kualitas B dan seterusnya. Menentukan harga, dan memahami siapa yang akan menjadi pasar dari harga yang kita tetapkan, adalah kunci produk mendapat tempat di pasaran.

Nah, demikian pembahasan mengenai Menentukan Segmentasi Pasar Produk UMKM Anda, semoga memberi mantan dan dapat memotivasi kita untuk lebih lagi meningkatkan kualitas pemasaran dari produk kita. Salam UMKM. [ Ryanastori ] 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *