Faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih usaha

Faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih usaha

Dalam menjalankan usaha atau perusahaan, tentu Anda berharap  usaha yang Anda jalankan akan berjalan dengan optimal. Oleh karena itu Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor penting sebelum menjalankan usaha Anda.

Faktor-faktor penting dalam memilih usaha ini adalah hasil dari identifikasi tim www.kejarumkm.com bekerja sama dengan tim www.stori.id  berikut pemaparannya;

  1. Kompetensi Diri

Dalam memulai sebuah usaha, pertimbangan untuk melihat kompetisi Diri yang kita miliki menjadi sangat penting. Karena melalui kompetensi yang kita miliki, kita dapat menentukan produk atau jasa apa yang cocok dengan keahlian bidang yang kita miliki.

Kompetensi Diri dapat diartikan sebagai keunggulan kompetitif yang kita miliki terhadap pemain bisnis lain, kompetensi harus mampu menjadikan usaha kita; unggul, bersifat langka, menciptakan peluang, sulit diikuti atau ditiru oleh pesaing.

  1. Jenis Produk atau Jasa

Penentuan atau pemilihan jenis barang atau jasa menjadi sangat penting dalam pertimbangan sebuah usaha. Hal ini untuk menghindari kesalahan produk atau jasa, jangan sampai kita memilih produk atau jasa yang sudah mengalami kejenuhan di pasar atau konsumen.

Baca Juga : Agar Sukses, Susun Langkah Ini untuk Rencana Usaha Anda

Maka perlu memilih jenis produk atau jasa yang benar-benar tepat dan sesuai dengan kompetensi yang kita miliki. Suatu yang memiliki kebaharuan, diperlukan masyarakat, dan mampu menembus pasar atau konsumen secara luas.

  1. Pahami calon pelanggan

Pertimbangan selanjutnya adalah siapa calon pelanggan dari produk atau jasa yang akan kita tawarkan? Maka perlu melakukan identifikasi terhadap calon pelanggan kita, hal ini menjadi penting, karena keberhasilan sebuah produk atau jasa adalah tersalurkan atau laku di pasaran.

Maka perlu membidik dengan teliti calon pelanggan dalam usaha yang akan dijalankan. Siapa saja calon pelanggan potensial, calon pelanggan yang akan menjadi pelanggan loyal. Bagaimana mendapatkan pelanggan, dan bagaimana menyampaikan produk kepada pelanggan.

  1. Pahami Pesaing

Selain memahami calon pelanggan, Anda juga harus memahami dan mengetahui siapa yang menjadi pesaing Anda. Hal ini menjadi sangat penting karena kita akan mengetahui kekuatan dan kelemahan produk atau jasa yang kita miliki dengan produk atau jasa dari pesaing.

Sehingga Anda dapat menempatkan atau mencari posisi terbaik untuk produk Anda agar memiliki perbedaan terhadap produk pesaing, misalnya dari segi; kemasan, ukuran, harga dan lain sebagainya.

  1. Pahami Stakeholder

Menjadi penting untuk kita memahami siapa saja yang menjadi stakeholder dalam usaha yang akan kita jalankan. Apa saja persyaratan yang akan berlaku antara bisnis Anda dengan stakeholder untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Baca Juga : Pengemasan yang baik dan benar kunci sukses usaha Frozen Food

Keberadaan stakeholder sanggatlah penting, mengingat mereka adalah bagian dari keberlangsungan bisnis Anda. Maka sejak awal perlu ada kejelasan kerja sama, syarat dan hal-hal lain yang bisa saling mengikat, sehingga tidak ada kendala di kemudian hari.

  1. Pahami Supply Chain

Memahami keberlangsungan usaha dari hulu ke hilir menjadi sangat penting, maka Anda perlu mengetahui siapa saja yang terlibat dalam proses Supply chain di bisnis Anda.

Harus Anda pahami siapa saja yang menjadi pemasok atau supplier, siapa saja mitra usaha Anda dan pihak-pihak yang terkait dengan proses produksi, distribusi, sampai penjualan akhir.

  1. Pahami Sumber Daya

Memahami ketersediaan sumber daya yang kita miliki ini meliputi; sumber daya keuangan, sumber daya manusia, sumber daya teknologi, dan sumber daya infrastruktur lainnya. Sumber daya yang kita miliki, harus disesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis atau usaha kita. Jangan sampai ada sumber daya yang berlebihan atau justru kurang.

  1. Pahami Peraturan Perundang-undangan

Dalam menjalankan sebuah usaha tentu kita harus patuh terhadap peraturan atau perundang-undangan yang berlaku, baik secara nasional maupun daerah.

Baca Juga : 7 Prinsip kewirausahaan Menurut Dhidiek D. Machyudin

Maka Anda wajib mengetahu segala peraturan dan perundang-undangan yang menyangkut dengan usaha Anda; sertifikasi, ketenagakerjaan, perijinan, dan lain sebagainya.

  1. Pahami Tantangan

Anda harus memahami segala tantangan dan keunggulan utama yang dimiliki oleh usaha Anda. Baik dalam aspek bisnis, operasional, tanggung jawab kemasyarakatan (CSR), dan tantangan terkait lainnya.

  1. Pahami Sistem

Sistem menjadi sangat penting dalam sebuah usaha, maka Anda wajib memahi keseluruhan sistem dalam usaha Anda. Sistem ini meliputi; sistem peningkatan kinerja, sistem evaluasi, sistem kinerja organisasi, dan sistem lain yang mendukung usaha Anda.

Pertimbangan-pertimbangan yang dijabarkan di atas, menjadi mutlak untuk dilakukan baik sebagai pelaku usaha secara individu mau pun kelompok usaha atau organisasi yang baru akan memulai usaha.

Faktor-faktor di atas menjadi penting untuk dipahami secara detail dan mendalam, hal ini agar operasional usaha kita berjalan dengan baik, optimal, sesuai dengan visi dan tujuan dari usaha yang kita jalankan.

Semoga pembahasan mengenai faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih usaha ini bermanfaat dan dapat memotivasi kita untuk menjalankan usaha. Salam Sukses. [ Ryanstori ] 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *