Belajar dari Pemikiran Nyeleneh Bob Sadino

Siapa yang tak kenal dengan Bob Sadino. Pengusaha dengan pemikiran yang tak jarang nyeleneh itu banyak menginspirasi orang. Bob Sadino (Alm) adalah pengusaha sukses yang mulai dikenal saat berbisnis telur ayam negeri. Bisnisnya ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan di Indonesia. Selain bisnis telur, ia juga berhasil mengembangkan bisnis bahan pangan olahan, bisnis supermarket, bisnis tour and travel, dan bisnis sayuran produk hidroponik.

Perjalanannya dalam merintis usaha itu tidak dilaluinya begitu saja. Ada masa dimana ia mengalami keterpurukan. Namun ia tak menyerah dan tinggal diam. Pemikirannya yang out of the box mampu mengeluarkan dirinya dari keterpurukan, hingga akhirnya ia bangkit dan mencapai kejayaannya sendiri. Pemikiran mampu mensugesti Anda, ia bekerja dari alam bawah sadar, yang kemudian muncul sebagai sebuah tindakan.

Om Bob, begitu sapaan akrabnya, memandang rencana adalah bencana. Jika kebanyakan pengusaha akan membuat rencana terlebih dahulu dalam bertindak, berbeda halnya dengan Om Bob. Baginya, perencanaan yang sempurna adalah awal dari bencana itu sendiri. Hal tersebut hanya berlaku bagi orang-orang yang ingin mempelajari ilmu manajemen. Dunia usaha itu erat kaitannya dengan dinamika, tidak bisa sebanding lurus dengan perencanaan. Om Bob meyakini ini dari proses usaha peternakannya.

Mungkin pemikiran selanjutnya akan berbanding 180 derajat dari pikiran Anda. Jika selama ini Anda mencari keuntungan dalam berbisnis, maka Om Bob justru menyarankan untuk Anda mencari kegagalan dan kerugian. Bukan tanpa alasan, Om Bob mengambil dan menjadikan pemikiran ini sebagai prinsip bisnis, berangkat dari kenyataan yang mengatakan bahwa bisnis itu tidak selalu linear. Banyak sekali pengusaha yang mengalami kerugian bahkan hingga gagal. Namun inilah yang semestinya menjadi pelajaran bagi pengusaha.

Bagi Om Bob, keberhasilan itu sendiri ialah puncak dari segala kegagalan yang dialami semasa merintis bisnis. Tidak ada yang salah dan tidak pula ada yang harus disesali dalam hal ini. Karena tidak akan ada keberhasilan yang murni dan seutuhnya, jika tanpa kegagalan yang bertubi-tubi. Setidaknya, Anda tidak banyak belajar untuk menjadi berbeda dan menemukan jalan bisnis itu sendiri.

Pemikiran nyeleneh Om Bob berikutnya ialah jadi pengusaha jangan kebanyakan analisis. Analisis hanya akan mengalihkan fokus Anda kepada hal-hal negatif. Hal ini membuat Anda lebih sulit menatap kedepan, jika yang dibayangkan ialah kemungkinan-kemungkinan yang buruk dalam sebuah usaha atau bisnis. Om Bob beranggapan bahwa ada baiknya Anda lekas memulai dan mengembangkan sebuah usaha, kemudian menyetak profit bulanan. Itu akan lebih baik ketimbang Anda terlalu banyak menganalisis.

Om Bob bahkan sepakat bila idealnya bos adalah berangkat dari orang bodoh. Menurutnya, orang-orang yang pandai tidak cocok menjadi bos. Sebab, setinggi apapun jabatan yang Anda miliki, Anda tetap saja pekerja. Buruh, kasarnya. Namun berbeda halnya ketika Anda memiliki sebuah bisnis atau usaha, sekecil apapun bisnis Anda, maka Anda adalah bos.

Sebagai besar orang akan menilai ini ialah pemikiran gila. Namun jika ditilik kembali, masuk akal juga pemikiran ini. Seorang yang bodoh cenderung tidak mudah diterima bekerja, maka ia harus mendirikan usaha. Lantas sebodoh-bodohnya orang, tetap akan membutuhkan orang pintar untuk membantunya. Sama seperti apa yang dialami banyak orang besar lainnya. Setelah berulang kali ditolak perusahaan impian, lantas mendirikan usaha dan sukses.

Pemikiran Om Bob menuntun Anda untuk tetap optimis. Dalam keadaan apapun, Anda tetap bisa bangkit dan mencapai kesuksesan. Hal yang paling penting dalam pemikiran Om Bob yang bisa diambil sebagai motivasi oleh Anda ialah dalam melihat berbagai peluang. Pengusaha harus pandai membaca peluang yang tersedia. Seperti kisah Om Bob sendiri, yang sekian lama hidup di jalanan membuatnya lebih peka dengan peluang-peluang. Ia banyak mengamati berbagai hal selama hidup di jalanan tersebut.

Itulah insipirasi yang bisa Anda dapatkan dari diri seorang Bob Sadino. Meski sudah wafat, nyatanya Om Bob tetap bisa menularkan semangat kewirausahawan yang dimilikinya. Begitu pun Anda, jika Anda bukanlah lulusan sekolah atau isntansi pendidikan ternama, jangan takut melangkah. Tetap akan ada kesempatan untuk Anda menemui jalan sukses sendiri. Apapun itu, jangan pernah ragu. Semoga pemikiran nyeleneh Bob Sadino menginspirasi dan membangkitkan semangat wirausaha Anda! [ Endang Fitriyani ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *