Inilah Latar Belakang Pendidikan Para Pengusaha Sukses

Anda pasti sepakat dengan kalimat, “untuk menjadi pengusaha yang hebat tidak harus sekolah mahal-mahal dan tinggi-tinggi, karena kesuksesan adalah milik mereka yang tekun dan tidak putus asa”. Ya, kalimat itu benar. Namun latar belakang pendidikan seorang pengusaha bisa jadi salah satu pendukung kesuksesan usahanya. Semakin seseorang itu belajar, semakin ia tahu.

Namun Anda juga pasti sepakat bila dikatakan, “semakin seseorang tahu maka semakin ia akan semakin lebih berhati-hati. Kehati-hatian dan pengalaman belajarnya inilah yang menjadi poin penyelamat para pengusaha, sehingga dapat meminimalisir kebangkrutan. Hal ini tentu saja menginspirasi banyak orang. Pengalamannya selama menimba ilmu menjadi motivasi bagi anak muda untuk terus berjuang dan berusaha dengan tak kenal lelah.

Tahukah Anda? Hal ini bukan hanya disadari oleh kita sebagai awam maupun pelaku bisnis. Bahkan dua perusahaan di Indonesia bidang investasi pun sampai melakukan studi untuk menyandingkan dan membandingkan pengusaha-pengusaha yang bisnisnya sukses, untuk mengetahui latar belakang pendidikannya. Ukuran kesuksesan ini ialah didasarkan pada pendanaan awal perusahaannya yang dijual kepada investor.

Sudahkah ada dalam benak Anda, apa dan di mana saja background pendidikan para pengusaha sukses tersebut? Berikut latar belakang pendidikan para pengusaha sukses yang bisa memotivasi Anda.

ITB

Ingat ITB, ingat juga kah dengan pendiri Bukalapak? Institut Tehnik Bandung sudah diakui banyak kepala sebagai pencetak generasi pengusaha start up sukses dan paling banyak. Selain nama Achmad Zaky sebagai CEO Bukalapak, ada pula Nugroho Herucahyono, Muhammad Fajrin Rasyid, CO-Founder Fabelio Marshal Tegar Utoyo, CEO Kudo Agung Nugroho, CEO Snapchart Raynazran Ruyono, dan lain-lain.

Bina Nusantara dan Harvard

Di bawah ITB, ada kampus Bina Nusantara dan University of Harvard. Kedua universitas ini melahirkan 8 pengusaha start up sukses. Pengusaha-pengusaha sukses dari Bina Nusantara ialah William Tanuwijaya yang CEO Tokopedia, Benny Fajarai yang CEO Qlapa, dan Bernadus Sumartok yang CEO Tripvisto. Sementara itu, dari Harvard ialah Nadiem Makarim merupakan CEO Gojek, Ferry Unardi pendiri Traveloka, dan masih banyak lagi pengusaha lainnya jebolan kedua universitas ini.

Universitas Purdue

Di posisi ketiga ditempati oleh Universitas yang berhasil mencetak 7 pengusaha sukses ini, siapakah mereka? Adalah CEO Ruang Guru yakni Adamas Syah Devara, diketahui Adamas juga sempat menduduki bangku perkuliahan di Harvard. Kemudian CEO Berrybenka yakni Jason Lamuda, dan CEO Sribu adalah Ryan Gondokusumo.

Stanford

Tak kalah hebatnya, Stanford juga berperan mencetak pengusaha-pengusaha sukses seperti Derianto Kusuma CEO dari Traveloka, dan Obi Sumampouw CO-Founder Cermati.

UI

Dari Indonesia, Anda tentu sudah tidak asing dengan Universitas Indonesia. Lulusan-lulusannya pun tersebar di seantero Nusantara, dan beberapa diantaranya merupakan pengusaha sukses seperti CEO dari Tiket.com ialah Natali Ardianto, Iman Usman Chief of Product Ruang Guru, dan Diajeng Lestari yang merupakan CEO Hijup.

Disamping kampus tempat menimba ilmu, tentunya peran jurusan yang ditempuh oleh para pengusaha sukses ini tidaklah sembarang. Lalu jurusan apa saja yang mungkin bisa memotivasi Anda untuk melanjutkan pendidikan demi menunjang karir bisnis Anda? Berikut ulasannya.

Jurusan yang Diambil Para Pengusaha Sukses

Kebanyakan pengusaha sukses khususnya start up, mengambil jurusan non-teknologi. Hanya kecil bagian yang mengambil jurusan teknologi. Rata-rata lebih memilih jurusan keuangan, akuntansi, ekonomi, tehnik industri, dan sebagainya. Asumsi orang-orang bahwa dalam mendirikan perusahaan, terlebih basis teknologi, maka jurusan yang paling ampuh ialah teknologi itu sendiri.

Namun ternyata fakta di lapangan menyebutkan bahwa asumsi tersebut tidak tepat. Karena faktanya, para pengusaha sukses itu sebagian besar tidak memiliki background atau latar belakang pendidikan teknologi. Selain itu, mereka cenderung melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Inilah latar belakang pendidikan para pengusaha sukses yang patut Anda tiru dan terapkan. Jangan menyerah dan terus mencoba adalah suplemen hariannya. Pengalaman dan wawasan yang luas juga diperlukan oleh seorang perintis usaha. Selagi ada kesempatan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengikuti jejak dan latar belakang para pengusaha sukses.

Namun mengikuti jejak banyak cara, Anda juga bisa membaca latar belakang kesuksesannya merintis usaha. Anda juga bisa hadir di berbagai acara kewirausahaan yang turut menghadirkan para pengusaha sukses. Salam Wirausaha!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *