Angin Segar Peluang Usaha Jelang Idul Fitri

Jelang berakhirnya ramadhan, kebanyakan orang akan kembali sibuk dengan urusan dunianya. Meski demikian, bukan berarti lantas tanpa melibatkan tujuan utama dari kesibukannya itu sendiri. Sebab, selain menguntungkan, angin segar peluang usaha jelang idul fitri ini kabarnya menenangkan hati Anda. Peluang usaha bukan saja menguntungkan Anda sebagai pelaku, namun juga konsumen Anda yang ikut terbantu.

Jika sebelumnya, pada saat ramadhan Anda cukup waktu untuk menenangkan diri dan tidak terlalu berbaur dengan hiruk-pikuk duniawi, maka kini momen yang tepat bagi Anda untuk bergerilya kembali. Menjelang idul fitri ini ada banyak kebutuhan manusia yang mulai haus disalurkan. Anda bisa menjadi perantara dalam hal ini. Apa saja angin segar peluang usaha yang bisa Anda rasakan jelang lebaran?

1. Merangkai Parcel

Momentum idul fitri banyak dimanfaatkan untuk saling menebar berkah, salah satunya memberikan parcel bagi saudara, teman, dan tetangga. Dengan inilah kemeriahan suasana kemenangan semakin kental terasa. Inilah angin segar peluang usaha bagi Anda jelang idul fitri. Kreatifitas Anda sangat diandalkan dalam usaha jenis ini. Bukan hanya keberadaan bahan-bahan utama, yang bisa dengan sangat mudah Anda dapatkan sesuai kebutuhan. Tapi juga upaya Anda merangkainya.

Adapun persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum memulai bisnis ini ialah menentukan dan mengumpulkan isi parcel. Isi parcel dapat disesuaikan dengan kebutuhan lebaran atau harian, skala harga yang terjangkau namun tetap berkelas kualitasnya, sehingga akan menarik siapapun yang hendak membelinya. Karena jelas, hal ini pun akan berdampak pada harga jual, pun modal yang dikeluarkan.

Persiapan kedua berkaitan dengan kemasan parcel itu sendiri. Kemasan yang menarik tentu menjadi incaran semua pembeli. Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah ada, kemudian mengkreasikannya sendiri. Meski dari bahan-bahan sederhana, namun dengan sentuhan hati dan kreativitas, tampilan parcel Anda akan tetap terlihat elegan dan menawan.

Meski sudah jelas untuk memenuhi kebutuhan idul fitri, namun mempersiapkan tema khusus yang Anda usung bagi parcel tersebut juga perlu lho. Anda bisa menyesuaikan tema dengan kebutuhan harian, seperti tema sarapan, juga tema besar idul fitri itu sendiri. Untuk memaksimalkan peluang ini, Anda membutuhkan waktu panjang, minimal satu bulan sebelum hari raya tiba.

2. Menjual Baju Muslim

Musim lebaran idul fitri menjadi ajang untuk tampil sebagai pribadi yang baru. Hal itu didukung oleh penampilan fisik mereka. Anda bisa mengambil peluang usaha ini untuk Anda aplikasikan di bisnis Anda. Tingginya minat masyarakat untuk mendapatkan baju muslim terbaru menjelang idul fitri, menjadi kesempatan bagi banyak pebisnis untuk mendulang emas. Maka tak jarang mereka akan berlomba-lomba menghadirkan berbagai model, motif, dan tren fesyen terbaru.

3. Bisnis Kue Kering

Bisnis ini menjadi salah satu usaha kuliner yang banyak diburu ibu-ibu rumah tangga, kantoran, bahkan wanita-wanita muda di luar sana. Selain karena alasan ‘simple’, mereka membutuhkan kue kering jelang lebaran juga karena menghemat waktu akibat kesibukan masing-masing. Maka Anda adalah orang yang tepat untuk menjalankan peluang usaha jelang idul fitri ini. Ada banyak macam dan kemasan kue kering ini untuk Anda bisa dengan mudah menggaet pembeli.

Meski hanya kue kering, namun bisnis ini jika dilakukan dengan konsep dan perencanaan matang dan terarah, hasilnya pun menggembirakan. Bahkan bisa tahan lama hingga idul fitri yang akan datang. Dengan peminat yang perharinya kian bertambah dan hilir mudik tentunya pasca lebaran. Tak diragukan lagi, pendapatan pun akan merangkak tajam, dan Anda bisa menekuni peluang usaha ini sebagai penghasilan utama.

Langkah pertama bagi Anda yang ingin memulai usaha ini ialah menentukan jenis kue kering terlebih dahulu. Meski dengan motif dan bentuk yang bermacam, namun demi memudahkan produksi, Anda perlu menyaring kue kering apa yang akan menjadi andalan atau brand Anda. Anda juga perlu riset pasar kecil-kecilan untuk mengetahui kue apa yang sedang tren atau dicari-cari konsumen. Supaya Anda mampu memenuhi permintaan pasar.

Langkah selanjutnya, menciptakan kue kering yang unik. Menjadi unik dan berbeda kerap membawa daya tarik tersendiri bagi beberapa pelanggan. Inovasi ini bisa Anda tuangkan dalam komponen pembuatan diantaranya rasa, warna yang sedap dipandang mata, bentuk, dan nama. Kreatifitas tentu menjadi andalan dalam hal ini. Apalagi melihat peluang pasar yang semakin beragam. Anda bisa mengaplikasikan berbagai macam karakter untuk memunculkan khas bagi kue kering Anda.

Jangan lupa, yang tidak kalah penting lainnya ialah mencantumkan masa kadaluarsa. Produk makanan memang lebih mudah basi ketimbang lainnya, meski aman dan tanpa bahan pengawet kimia, Anda perlu mencantumkan keterangan kadaluarsa ini di kemasan kue kering. Jika Anda sudah memiliki nomor register dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), jangan sampai ketinggalan juga, ya.

Itulah angin segar bagi peluang usaha jelang idul fitri. Cukup mudah diaplikasikan. Anda hanya perlu mengumpulkan niat untuk mewujudkan peluang usaha tersebut agar membawa angin segar bagi pembeli dan perekonomian Anda. Selamat mencoba! [ Endang Fitriyani ] 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *