Melirik Bisnis Rental Mobil yang Menjanjikan di Yogyakarta

Siapa yang tidak tahu dengan Jogja? Kota yang kental dengan sejarah dan budayanya ini masih saja menawarkan keindahan tersendiri di sepanjang jalan-jalan Jogja. Apalagi jika Anda bersama keluarga menikmatinya dengan menggunakan jasa rental mobil.

Sudah tidak perlu capek-capek menyetir sendiri, Anda juga bisa sedikit mengurangi kemacetan seperti dengan membawa mobil sendiri. Bagaimana, tertarik? Anda perlu pertimbangkan lagi ketika Anda terlibat sebagai pemain.

Bisnis rental mobil butuh kesungguhan dalam hal strategi. Karena ketepatan strategi menjanjikan keuntungan dan kesuksesan dalam usaha penyewaan ini sendiri. Pertama-tama, seorang pengusaha rental mobil harus menentukan target yang jelas dan tepat. Pelan namun pasti Anda akan menemui puncak kejayaan dalam bisnis yang Anda kelola.

Selain itu, pengelolaan keuangan menjadi hal dasar yang tetap harus Anda pertimbangkan. Karena inilah syarat untuk menjadi leader dalam sebuah industri transportasi.  Hal yang tentu menjadi patokan untuk tidak Anda lewatkan ialah soal pesaing pasar di Jogja itu sendiri. Sebelum jauh bermain ke bisnis ini, Anda perlu terjun ke lapangan untuk melihat lebih dekat peluang-peluang pasar yang dihadirkan pemain lawas di Jogja.

Selain pesaing, Anda perlu mencatat siapa sajakah target yang ingin Anda raih?

1. Tamu Penting

Sebagai kota istimewa, Jogja berpeluang besar dikunjungi orang-orang penting yang memungkinkan untuk menyewa mobil saat sedang kunjungan ke kota Jogja, atau untuk sekadar menuju bandara. Maka inilah kesempatan bagi Anda untuk menyajikan kualitas pelayanan berstandar terbaik yang menjamin kenyamanan pengguna jasa. Bila perlu, Anda pun sangat memungkinkan untuk mempersiapkan jasa sopir sendiri dalam hal ini, sebagai salah satu strategi bisnis dan peningkatan pelayanan.

2. Momen Wedding

Tidak hanya pengantin saja, momen pernikahan turut mengundang keluarga besar, bahkan teman-teman dan rekan kerja, bisnis, atau sekolah. Inilah pasar Anda berikutnya.

3. Liburan

Peluang selanjutnya datang saat orang-orang butuh senang-senang. Anda tentu tak ingin kehilangan momen bukan, karena liburan sendiri mendatangkan cukup melimpah pundi-pundi yang dihasilkan.

Hal ini jelas karena Jogja menawarkan sejuta pesona. Jika sudah demikian, pelanggan bisa menyewa seharian atau bahkan berhari-hari setiap kali datang ke Jogja atau bisa menggunakan layanan paket wisata jogja. Lumayan, kan.

4. Wisuda

Membludaknya minat masyarakat untuk meraih ilmu di Jogja, menjanjikan pasar sewa mobil semakin terbuka lebar. Pada momen yang ditunggu-tunggu keluarga besar, menyaksikan putra-putrinya diwisuda, membutuhkan transportasi yang memadai dan cukup berkapasitas menampung beberapa kepala dalam satu ruang.

Selanjutnya, Anda perlu mengubah pandangan bahwa kompetitor adalah musuh utama yang harus dikalahkan. Sebaliknya, Anda bisa menjadi teman baik dan berkolaborasi dengan kompetitor. Cara ini adalah salah satu cara terbaik untuk menaikkelaskan bisnis tanpa harus menjatuhkan pesaing. Dengan berkolaborasi, Anda jelas akan mendapat timbal balik yang baik, seperti mendapatkan konsumen jasa Anda seperti empat target di atas.

Kesuksesan-kesuksesan bisnis rental mobil di Jogja tak lepas dari kerjasama yang dihasilkan oleh para pemeran bisnis. Gunakan calon partner bisnis yang lebih dulu terjun dalam urusan ini. Anda pun bisa menggandeng pemain bisnis toko online lain yang diprediksi menguntungkan dua sisi. Anda juga perlu lihai dalam mengelola kerjasama untuk mendapatkan penawaran kendaraan murah yang layak untuk disebut nyaman bagi pelanggan.

Dalam pengelolaan keuangan dan pemasaran, cukup berisiko bagi Anda jika melibatkan start up untuk bisnis penyewaan mobil di Jogja ini. Risiko dapat diminimalisir dengan strategi tepat dan bijak. Jangan tergiur dengan keuntungan dulu, jika Anda belum menetapkan rencana sesuai dengan target yang Anda inginkan. Setidaknya Anda hanya perlu mempertimbangkan kemungkinan rugi sebelum menetapkan perencanaan ini. [ Endang Fitriyani ] 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *