12 Alasan Bisnis Anda Harus Memiliki Website Sendiri

Jika dulu untuk membeli suatu kebutuhan barang Anda perlu pergi ke tokonya, sekarang Anda cukup memainkan jemari di ponsel pintar. Memudahkan? Pasti. Nah, bagi Anda pemilik bisnis wajib untuk memiliki toko online seperti website ini. Selain memudahkan pelanggan, tentu juga memudahkan Anda sebagai pedagang.

Ada banyak toko online seperti marketplace Lazada, Shopee, Tokopedia, Buka Lapak, dan sebagainya yang sanggup meraup untung berlipat-lipat bagi para pelapak. Meski demikian, sebagai pemeran dalam dunia bisnis, Anda wajib memiliki website sendiri. Apa saja keunggulan dengan Anda memiliki website ini?

1. Menentukan Strategi Penjualan dengan Bebas

Dengan website yang Anda kelola sendiri, Anda bebas untuk menentukan strategi penjualan kepada pelanggan. Kapan Anda akan memberikan diskon, flash sale dan lainnya tanpa memikirkan syarat dan ketentuan seperti yang melekat dalam marketplace kebanyakan. Selain itu, website juga menjembatani transaksi langsung dua arah, tanpa melibatkan orang sebagai pihak ketiga.

2. Personal Branding yang Kuat

Website Anda menentukan brand dari toko Anda untuk dikenal publik, serta agar melekat dalam ingatan mereka. Sementara dalam marketplace, orang cenderung tidak mengingat toko Anda, tetapi lebih mengingat nama marketplace tempatnya mendapatkan produk Anda. Maka, website menjadi rekomendasi untuk membangun brand toko yang Anda miliki.

Anda juga bisa menentukan desain dan perwajahan dalam laman toko online di website sesuai keinginan Anda, yang pasti mencerminkan brand dan produk Anda. Anda bisa memilih dan menentukan domain beserta harga yang ingin Anda bayarkan. Pelanggan pun mendapatkan jaminan tersendiri dengan berbelanja di toko Anda.

3. Laporkan Keuangan dan Produk di Website

Laporan keuangan tak menjadi kendala lagi bagi Anda, karena website menyediakan tools yang memudahkan Anda melihat perkembangan bisnis Anda. Bila Anda ingin meningkatkan atau melihat peningkatan jumlah pengunjung, Anda cukup menggunakan akuntansi bisnis kecil atau Google Analytic dan lain-lain dari waktu ke waktu.

4. Bebas Mengembangkan Website

Website memberikan banyak fitur yang bisa membantu Anda untuk menampilkan toko online secara maksimal. Ketika website Anda mengalami perkembangan yang signifikan, Anda hanya perlu mengupdate hosting agar kecepatan dan kelancaran dala operasi semakin mudah, sehingga pelanggan pun merasa nyaman berbelanja di toko online Anda.

5. Tidak Ada Perang Harga Antar Penjual

Berbeda dengan produk dalam kondisi pasar offline, Anda harus pandai merebut hati pelanggan dengan harga miring. Tetapi tidak dengan website. Anda dapat menjadikan website sebagai investasi jangka panjang. Karena Anda tidak perlu menjatuhkan harga sejauh mungkin, untuk mendapatkan konsumen. Produk Anda menjadi lebih spesial dan diperhitungkan pelanggan.

6. Mudah Diakses 24 Jam

Selain supermarket 24 jam, jarang sekali Anda jumpai toko-toko seperti produk yang Anda hadirkan, buka hingga tengah malam atau bahkan dini hari. Untuk itu, inilah peluang emas bagi Anda. Di tengah malam, orang biasanya akan lebih leluasa mengakses internet. Apalagi akhir pekan, saat liburan, orang tidak takut kejebak kemacetan untuk bisa memenuhi kebutuhan melalui toko online Anda.

7. Meningkatkan Image Bisnis

Image bisnis Anda terbentuk dari tampilan toko online Anda. Semakin menarik dan menggambarkan produk Anda, semakin terbaca kualitas yang Anda hadirkan. Orang pun kian memercayai toko online Anda.

8. Mudah Mengupdate Produk Anda

Anda tidak perlu menghabiskan berlembar-lembar kertas brosur untuk memperbarui produk. Bahkan untuk memberikan informasi detil bagi pelanggan di seluruh dunia, Anda sangat memungkinkan untuk melakukan hal itu. Selain diet kertas, Anda dapat meminimalisir pengeluaran dan lebih leluasa untuk mempersuasi pelanggan dari tampilan produk. Selain itu, Anda bisa menampung testimoni kepuasan pelanggan di kolom website.

9. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Banyak tools yang bisa Anda manfaatkan untuk menampung segala hal yang berkaitan dengan produk Anda dan pelanggan. Anda bisa menghemat 25% untuk sekadar melayani pelanggan, dengan website ini. Bahkan untuk melayani pelanggan di saat Anda tak ada di tempat, memproses permintaan secara otomatis, website cukup membantu.

10. Mendirikan Toko Online Lebih Murah Dibanding Toko Offline

Jika untuk memiliki toko offline Anda harus memikirkan biaya sewa, pajak, dan perkakas-perkakas lainnya, dengan toko online Anda hanya perlu keterampilan dan kreatifitas untuk menarik pasang mata pelanggan. Biaya yang Anda keluarkan tak semahal jika Anda harus membuka toko offline. Ini sangat cocok untuk bisnis-bisnis kecil seperti UMKM.

11. Memperluas Pasar

Anda bisa menguasai perdagangan nasional bahkan kelas internasional. Produk Anda akan dikenal luas dengan toko online seperti website. Kesempatan untuk dipromosikan di jagat maya semakin besar, ketika semakin banyak pengunjung dan pelanggan. Dengan begitu peluang untuk Anda menelurkan inovasi baru bagi produk Anda pun juga besar.

12. Mampu Mengumpulkan Informasi Pelanggan

Anda ingin pelanggan yang seperti apa? Pelanggan yang kebutuhannya apa? Pelanggan dari segi geografis? Semua dapat Anda ketahui melalui toko online ini. Peluang untuk selangkah lebih maju dibanding yang lain.

Itulah 12 Alasan Bisnis Anda harus memiliki website sendiri. Segera kuasai pasar, dan jangan tunda untuk mengaktifkan toko online Anda di website untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dari berbagai daerah bahkan dunia.

Masih bingung cara membuatnya? Anda bisa maksimalkan pengetahuan-pengetahuan praktis dari mesin pencarian daring. Tidak ada alasan lagi, untuk Anda melewatkan kesempatan memiliki website alias toko online ini, kan. Selamat berdagang bebas! [ Endang Fitriyani ] 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *