Strategi Marketing: Memaksimalkan Give Away Untuk Mempengaruhi Orang Lain

Jika Anda berkeliling pasar, tentulah akan banyak pedagang yang memanggil Anda untuk sekadar menawarkan dagangannya. Itulah strategi marketing langsung yang mereka terapkan. Bahkan Anda sampai bosan karena kedatangan sales produk yang membujuk Anda untuk mengikuti keinginannya, dengan buaian-buaian kata. Rasanya ingin mengelak, tapi mau bagaimana jika perasaan ‘tak enak’ datang.

Tapi itu dulu. Sekarang Anda akan sangat jarang menjumpai yang seperti demikian. Karena jaman sudah berbeda, strategi mempengaruhi orang lain pun sudah semakin canggih. Apalagi sejak kehadiran teknologi, semakin kreatif saja upaya mempengaruhi orang lain. Salah satunya yang lagi marak ialah Give Away.

Strategi marketing dengan Give Away melejit setelah Instagram menjadi primadona. Bagaimana tidak, meningkatnya jumlah pengguna Instagram mampu menarik orang untuk mengikuti. Give away sendiri dalam pelaksanaannya ada dua macam, yakni dengan sistem undian dan sistem kontes. Bedanya, give away sistem undian lebih menuntut faktor hoki alias keberuntungan.

Give away sistem kontes lebih mengutamakan kemampuan target. Melalui kontes, give away memberlakukan syarat dan ketentuan, biasanya meminta target atau peserta give away agar menyisipkan produk yang jadi andalan penyelenggara. Di sinilah strategi marketing bekerja. Tidak pelan, tidak pula terlalu cepat, tetapi tepat sasar dan cukup wah. Sebab ini menjadi ladang meraup pelanggan.

Adapun soal persiapan give away ini sendiri, jika Anda ingin profesional, maka tidak boleh sembarangan. Ada langkah-langkah yang musti Anda lakukan, demi mencapai tujuan yang jelas dan tepat. Tidak perlu susah payah mengumpulkan massa, cukup buat planning yang jelas. Sehingga saat pelaksanaannya, tidak ada pihak yang dikecewakan. Target didapat, produk sampai di telinga calon konsumen, maka tunggulah keajaiban selanjutnya. Anda akan diserbu pembeli dari hasil memantau give away Anda itu.

Menyusun Rencana yang Matang

Anda bersama tim, harus tetap mempertimbangkan kematangan konsep give away yang akan diadakan. Semudah apapun give away-nya, pastilah membutuhkan pemikiran yang mendekati sempurna. Semua sudah menjadi keharusan, agar upaya Anda tidak sia-sia atau bahkan mengecewakan. Menyusun perencanaan yang matang ini dimulai dari membuat konsep, promosi give away, menyiapkan hadiah, dan masih banyak lagi hal sepele lainnya yang harus Anda pikirkan.

Untuk memperkuat fungsi give away ini, Anda bahkan perlu mempersiapkan website khusus, yang berbeda dengan website tempelannya. Anda bisa mempromosikan lebih luas mengenai give away ini, sehingga ada lebih banyak target yang ikut terlibat. Pasca pelaksanaan, Anda tetap bisa mem-follow up mereka, agar menjadi pelanggan tetap.

Menyiapkan Perangkat untuk Give Away

Mengumpulkan data analitik ketika membuat give away, memudahkan Anda untuk menjangkau output besar yang akan Anda hasilkan. Maka, menjadi wajib untuk Anda mengumpulkan konten yang sudah terlibat. Hal ini perlu kecermatan, supaya tidak terlewat. Karena bisa saja calon target Anda, khususnya pengguna media sosial membludak. Alasan yang tepat, bukan, ketika Anda membutuhkan aplikasi berkualitas, guna menunjang kelancaran proses give away.

Menghargai Partisipasi Pengguna Media Sosial

Bukan hanya soal hadiah utama yang mesti Anda utamakan. Tetapi juga hadiah pendamping, sebagai bentuk penghargaan bagi target peserta. Para pemain media sosial ini juga butuh apresiasi lain. Sehingga jika mereka tidak berhasil mendapatkan produk atau jasa yang menjadi incaran, maka setidaknya ada hal lain yang juga membanggakan.

Menghargai partisipasi pemain media sosial yang turut serta berarti merawat calon konsumen. Jika belum saat ini mereka tertarik, minimal besok dia akan datang lagi dan membeli. Sebagai alternatif, Anda bisa mempersembahkan voucher atau produk pendamping untuk beberapa peserta lainnya. Jangan lupa, jika Anda membuat give away dengan sistem kontes, tetap memajang hasil give away peserta yang mumpuni.

Menjadi pengamat give away bagi para pelaku dunia marketing, memang menguntungkan. Di satu sisi Anda tidak akan kehabisan ide menarik dalam give away Anda nanti. Satu sisi, peluang untuk mendapatkan output juga lebih besar. Produk yang Anda pasarkan pun mampu menembus pasar yang lebih luas. Sekarang, bukan waktunya lagi bagi Anda untuk monoton. Anda perlu kreativitas untuk beraksi! Salah satunya melalui give away yang menarik, demi meningkatkan kesadaran konsumen terhadap brand Anda. (Endang Fiitriyani—Kejarumkm)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *