Pengen Kebanjiran Order? Coba 6 Tehnik Jualan di Instagram Ini

Pengen Kebanjiran Order? Coba 6 Tehnik Jualan di Instagram Ini

Kalau dulu Anda ingin berjualan, maka harus mempunyai toko sendiri atau minimal berkeliling, sekarang sudah mulai meninggalkan kebiasaan lawas itu bukan? Ya, berkat perkembangan teknologi yang kian hari kian pesat, Anda tak lagi harus keluar rumah untuk mendapatkan pelanggan. Cukup bermodal kuota dan jempol yang siap menari di layar ponsel, kamu sudah bisa mendapatkan uang.

Media sosial bukan lagi sekadar hiburan atau tempat pamer semata, tapi sudah merambah sebagai lapak bagi pengguna yang ingin mendapatkan pelanggan. Terlebih, saat ini media sosial seperti Facebook sendiri sudah menempatkan tool marketplace di lamannya, semakin memudahkan pengguna untuk memasukkan barang dagangannya agar dilirik pengguna lainnya.

Lain lagi di Instagram. Aplikasi penggunggah foto ini sekarang menjelma sebagai toko online bagi banyak pelaku usaha. Tampilannya yang eye cathing alias sedap dipandang mata menjadikan Instagram pilihan tepat untuk melapak. Bahkan Instagram menyediakan akun bisnis yang cukup membantu kamu untuk menyebarluaskan produk, sehingga tak luput dari pandangan calon pelanggan.

Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan profit dan omzet usaha melalui Instagram? Ini dia, 6 tehnik jitu yang bisa Anda lakukan saat berjualan di Instagram. Dijamin, selain meningkatkan jumlah viewers dan pengikut, kamu juga akan kebanjiran order.

1. Atur Feed IG Kamu

Seperti kata pepatah lama, dari mata jatuh ke hati, begitu pun dengan calon pembeli. Orang tentu akan senang jika melihat yang indah-indah, maka sulaplah feed IG Anda ala toko yang unik. Sehingga mengundang decak kagum dan rasa ingin memiliki. Mengatur feed tidak susah, Anda cukup rapikan saja letak postingan di Instagram.

Kalau masih bingung, Anda bisa coba buka-buka Instagram toko-toko online yang berseliweran. Ikuti polanya dan terapkan di feed Anda. Simple-nya, Anda bisa sejajarkan warna serupa atara foto satu dengan yang lainnya, lalu pertimbangkan juga tinggi-panjangnya ukuran objek yang ada di foto Anda.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi pemotong foto dari Playstore di android. Ini cara paling mudah, karena Anda tinggal memasukkan sebuah foto ke dalam aplikasi tersebut, lalu mengunggahnya di akun Instagram milik Anda.

 2. Posting Foto dan Caption yang Membuat Penasaran

Tak hanya menarik, Anda juga perlu membuat pengunjung terlibat untuk ingin tahu tentang produk yang Anda sediakan. Tehnik kepenulisan ini sudah banyak digunakan orang-orang dalam mempengaruhi targetnya. Sangat tidak salah jika Anda mengaplikasikannya di akun bisnis.

Bagaimana, sih, caption yang membuat penasaran itu? Caption yang menarik pembaca untuk memiliki produk Anda, atau disebut juga hypnoselling, yaitu tehnik membujuk (persuasive) orang lain untuk mengikuti apa yang Anda mau.

Biasanya orang akan lekas tergugah dengan kalimat-kalimat tanya yang mewakili perasaannya. Anda bisa memulai dari kata “Kamu”, “Anda”, atau “Bagaimana” dan “Mengapa”. Daripada hanya membaca, bagaimana kalau Anda segera mencoba menuliskan caption? Lebih menarik, kan.

3. Terapkan Tehnik Pengambilan Foto yang Kece Abis

Bermodal android, Anda sudah bisa mendapatkan foto yang ciamik. Tak perlu kamera yang mahal-mahal, kalau android saja sudah mampu menarik mata pengunjung untuk melihat lebih dekat tentang tampilan di Instagram Anda.

Lalu tehnik pengambilan gambar seperti apa yang menggoda ribuan pasang mata di Instagram? Anda bisa mengambil tema alam sebagai latar dalam foto produk. Hijaunya pemandangan, dedaunan, atau warna-warni bunga di taman bisa menjadi ornamen pemanis tampilan produk, tentu yang berkaitan dengan objek yang Anda ambil, ya.

Anda juga bisa memanfaatkan angle atau sudut pandang foto. Anda hanya perlu mengarahkan kamera dari atas, sisi kanan, sisi samping kiri, hingga tampak depan. Pastikan titik fokus kamera Anda benar-benar mewakili produk, jangan sampai blur atau goyang. Karena sedikit saja bisa merusak tampilan. Maka mengambil gambar untuk konten akun jualan juga perlu kesungguhan.

4. Promosikan Postingan dengan Iklan

Bermodal sedikit tidak apalah, jika hasilnya memuaskan. Melalui akun bisnis, Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Hanya dengan sekali klik, dengan bermacam varian harga yang cukup terjangkau, maka Anda sudah bisa menunggu calon pembeli sambil santai-santai di rumah.

5. Buat Testimoni Produk dari Teman-Teman Anda

Testimoni ini wajib hukumnya. Mengingat barang yang Anda jual belum langsung bisa dipegang calon konsumen. Jika beda sedikit saja, atau tidak sesuai dengan inginnya pelanggan, maka rusak sudah kepercayaannya.

Maka untuk meminimalisir hal ini, Anda bisa memanfaatkan teman-temanmu untuk meyakinkan calon pelanggan, bahwa produk yang kamu sediakan benar-benar tepat dimiliki mereka. Testimoni yang disertai penggunaan produk akan lebih meyakinkan, ketimbang sekadar foto biasa antara temanmu dan produk itu sendiri.

Ya, hitung-hitung latihan meng-endorse sebelum berhadapan dengan influencer ternama setelah produk Anda melejit nanti. Tidak ada salahnya Anda beri beberapa teman satu produk, sehingga mendukung captionmu untuk benar-benar meyakinkan. Bukan hasil pesanan alias sesuai inginnya penjual saja. Tapi nyata adanya.

6. Endorse Influencer

Jika usaha Anda sudah mulai naik, maka pelan-pelan Anda akan menemukan jalan untuk mendapatkan sosok yang tepat untuk digaet bersama brand usaha Anda. Kalau sudah begini, Anda tidak perlu usaha yang ekstra untuk mengelola pelanggan. Karena mereka akan datang dan bertahan dengan sendirinya. Asal Anda tidak salah memilih influencer, ya.

Sekarang, sudah punya akun Instagram, kan? Segera mulai saja untuk menjajal peruntungan di bidang usaha melalui akun Anda. Dijamin, Anda lekas kebanjiran order dengan menerapkan 6 tehnik jualan di Instagram di atas. Selamat berwirausaha! ( Endang Fitriyani / Kejarumkm )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *