3 Hal Ini Penting Diterapkan Dalam Rencana Strategi

3 Hal Ini Penting Diterapkan Dalam Rencana Strategi

Selain modal, apa saja sih yang perlu kita persiapkan dalam mendirikan usaha? Rencana strategi bisnis (business plan), meski sifatnya tiga tahunan,  namun wajib dimiliki pelaku usaha dalam membekali masa depan usahanya.

Rencana strategi merupakan dokumen yang memuat visi, misi, program strategi, pengukuran pencapaian kinerja dan arah kebijakan operasional Usaha. Apa fungsi utama dari rencana strategi ini?

Pentingnya membuat Rencana Strategi Bisnis:

  • Mengawali sebuah bisnis
  • Membantu permodalan
  • Membantu membuat keputusan
  • Membantu mengembangkan ide bisnis
  • Memberikan gambaran kepada konsumen dan investor

Dalam menyusun rencana strategi bisnis, ada tiga hal yang tidak boleh Anda lewatkan.

BAB I GAMBARAN UMUM

Dalam bab ini, Anda bisa memaparkan latar belakang usaha yang akan Anda dirikan, bisa dari potensi atau masalah yang ada, bagaimana pasarnya, dan bagaimana peluang bisnis yang ada.

Anda dapat menambahkan Visi dan Misi, kemudian memaparkan Tujuan, Kondisi wilayah bisnis yang menjelaskan tentang kondisi wilayah bisnis dan peluang pasarnya.

Adapun Tugas, fungsi, dan struktur organisasi memuat tentang pembagian job describtion masing-masing jabatan.

Untuk sumber daya yang dimiliki organisasi, mencakup sumber daya keuangan dan non keuangan. Jangan sampai Anda meninggalkan capaian kinerja bisnis, tantangan dan peluang yang dihadapi, karena inilah yang akan membantu Anda memecahkan masalah ketika terjun ke lapangan.

Terakhir dalam bab ini ialah Analisis SWOT yang mencakup penilaian kekuatan terhadap kelemahannya, dan peluang terhadap ancaman dari pesaing.

Ada 4 kuadran posisi bisnis hasil analisis SWOT, yakni Analisis SWOT didasarkan pada peninjauan dan penilaian atas keadaan-keadaan yang dianggap sebagai kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat).

Setelah Anda mengetahui gambaran mengenai posisi atau keadaan bisnis saat ini, maka akan dapat Anda tentukan beberapa alternatif langkah-langkah yang dapat dilakukan. Hal ini untuk meningkatkan kinerja bisnis pada masa yang akan datang, dengan cara memaksimumkan kekuatan dan memanfaatkan peluang, serta meminimumkan kelemahan dan mengatasi ancaman yang dihadapi.

BAB II RENCANA STRATEGI BISNIS 3 TAHUNAN

Di sinilah ruang bagi Anda agar dapat memaparkan rencana strategi, atau pokok yang akan dilakukan, dalam rangka mewujudkan pencapaian usaha Anda. Rencana strategi memuat 4 hal, diantaranya:

INDIKATOR DAN TARGET PENCAPAIAN

Indikator adalah rencana pencapaian kinerja bisnis. Rencana ini akan dilakukan dalam jangka waktu 3 tahun kedepan, agar dapat mengembangkan bisnis. Fokusnya ialah pada empat aspek utama, yaitu Keuangan, Produk, Sumber Daya Manusia, dan Sarana Prasarana.

RENCANA KEUANGAN

Rencana keuangan terdiri dari:

  1. Proyeksi laba rugi tiga tahunan yang dibandingkan dengan laba rugi tahun berjalan (tahun 2018)
  2. Rencana Investasi dibuat dalam jangka waktu tiga tahunan yang terdiri dari investasi sarana prasarana, sumber daya manusia, dan sistem manajemen
  3. Break Event Point adalah sebuah titik dimana biaya atau pengeluaran dan pendapatan adalah seimbang sehingga tidak terdapat kerugian atau keuntungan. Dengan mengetahui titik tersebut sehingga pengusaha dapat mengetahui berapa lamakah nantinya investasi yang dilakukan dapat kembali. Dihitung dengan cara membagi rencana investasi pada tahun 2019 dengan profit ditahun 2019.

 

STRATEGI BISNIS

Untuk dapat mencapai target pendapatan yang diharapkan, maka pelaku usaha diharuskan untuk memilih strategi bisnis yang akan diterapkan ditahun 2019. Terdapat tiga strategi yang dapat dipilih yaitu ekstensifikasi, diversifikasi, dan inovasi.

  1. Ekstensifikasi yaitu strategi bisnis untuk meningkatkan hasil produksi dengan menambahkan faktor-faktor produksi.
  2. Diversifikasi yaitu strategi bisnis untuk meningkatkan hasil produksi dengan cara mengembangkan jenis produk.
  3. Inovasi yaitu strategi bisnis untuk meningkatkan hasil produksi dengan melakukan usaha pembaharuan dan pengembangan untuk menghasilkan produk baru.

Dengan memilih strategi bisnis yang akan diterapkan, pengusaha dapat menyusun target penjualan produk yang harus dicapai dalam 3 tahun yang akan mendatang..

ANALISIS KEBUTUHAN

Untuk mencapai target penjualan yang diharapkan maka harus disusun analisis kebutuhan yang difokuskan pada tiga sisi, yaitu sarana prasaran, sumber daya manusia, dan sistem manajemen.

Bab III PENUTUP

Dengan bekal rencana strategi, kegiatan mencari modal dan menggaet investor akan lebih mudah. Ukuran ini dilihat dari terinci dan sistematisnya langkah konkret yang akan perusahaan Anda lakukan kedepan. { Endang Fitriani / KejarUMKM }

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *