Kenggulan Jualan Online Bagi UMKM, Sangat Menggiurkan

Ini kabar rahasia untuk para UMKM produsen beragam produk. Sesungguhnya, kehadiran Pasar Online (Marketplace) adalah keuntungan besar buat Anda. Soalnya, kini Anda bisa membangun toko tanpa perlu menyewa tempat. Anda bahkan bisa membangun toko tanpa modal dengan menjualkan barang milik orang lain.

Keramaian pasar online juga tidak kalah semarak dengan pasar nyata. Lihat saja pertumbuhan berbagai Marketplace di Indonesia yang kini bisa menjual aneka produk dengan daya jangkau yang luar biasa. Ibarat kata, sekarang ini Anda bisa membangun bisnis jual-beli sembari menyeruput kopi di rumah dan tanpa perlu beranjak dari tempat duduk Anda. Kenapa bisa begitu, memangnya apa saja keunggulan yang disebut Pasar Online alias Market Place itu?

Inilah daftar keunggulan dan kelemahan jika Anda berjualan melalui Pasar Online.
Beberapa keunggulan Marketplace yang sangat menguntungkan bagi Anda adalah:

a. Para pembeli berkumpul di sini
Sebagaimana namanya, Marketplace adalah tempat berkumpulnya para pembeli untuk mendapatkan aneka jenis produk atau jasa yang mereka butuhkan. Maka berjualan melalui Marketplace bagi para pelaku UMKM akan menjadi sederhana karena Anda tidak perlu mendatangkan pengunjung atau calon pembeli. Portal web si Marketplace sendiri yang akan mendatangkan para calon pembeli untuk melihat-lihat produk Anda.

b. Bertemu banyak pedagang lain untuk membangun relasi
Ini adalah tempat berkumpulnya ratusan ribu pedagang menawarkan aneka rupa dari seluruh penjuru negeri. Anda bisa membangun banyak relasi dengan para penjual lainnya, menciptakan kerjasama menguntungkan atau saling bertukar produk dan jaringan pembeli.

c. Tak perlu repot berpromosi
Marketplace yang hebat adalah jika didatangi para calon pembeli sesuai segmen yang dipilih. Agar menarik hati semua orang maka produ-produk yang dijual marketplace ini harus dipromosikan. Makanya Anda tak perlu terlalu repot berpromosi karena marketplacetelah melakukannya untuk produk yang Anda jual.

d. Ada rekening bersama
Rekening bersama adalah jaminan keamanan yang sangat terpercaya dalam transaksi online. Jadi, jika Anda pembeli, uang yang Anda transfer untuk membeli sebuah produk tidak akan lengsung terkirim ke penjualnya. Melainkan akan masuk rekening khusus yang keamanannya dijamin oleh bank. Penjual baru akan bisa mendapatkan uang hasil penjualan setelah pembeli menerima produk dan tidak melakukan komplain atas produk yang dibelinya.

e. Toko yang murah-meriah
Berbeda dengan toko online yang harus menyewa kios dengan harga yang mahal. Belum lagi disain interiornya yang juga membutuhkan investasi besar. Membuka toko online di Marketplace tidak perlu membayar sewa, menyewa disainer atau bahkan tidak perlu pula membayar karyawan karena bisa Anda dapatkan dengan gratis.

f. Jangkauan Pasarnya Luas
Sistem online membuat produk Anda bisa dilihat siapa saja dari manapun juga. MAka sistem penjualan online akan membawa produk Anda terpasarkan secara luas dengan biaya pemasaran yang jauh lebih murah. Berbeda dengan sistom Offline yang hanya mampu menjual produk dalam area yang terbatas dengan biaa yang tinggi.

g. Marketplace lebih bisa dipercaya
Karena lahir sebagai tempat bertransaksi bagi jaringan penjual dan pembeli maka marketplace lebih terpercaya bagi setiap orang yang ingin melakukan transaksi. Berbeda dengan toko online yang dimiliki perseorangan, marketplace lebih bisa menjamin keamanan traksaksi, kualitas barang dan mutu pelayanan.

h. Ongkos kirim yang makin murah
Salahsatu yang sering membuat orang urung bertranskasi online adalah ongkos kirim. Kini ada banyak marketplace yang bahkan mampu melakukan jual-beli produk dengan ongkos kirim gratis. Jadi, kekawatiran belanja online akan menghabiskan uang, runtuh dengan sendirinya.

Itulah beberapa keunggulan yang mampu dilakukan Marketplace sekarang ini. Maka sesungguhnya pelaku UMKM harus memanfaatkan jringan jual beli online ini untuk menciptakan peningkatan pemasaran produk. Jadi, tunggu apa lagi? (adji/kejarukm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *