Kopdar UMKM di Kampoeng Mataraman, Yogyakarta! Siap Memajukan UMKM Indonesia!

Sudah saat nya UMKM bangkit untuk ikut serta memajukan perekonomian negara.

Berbagai produk kreatifitas dari berbagai daerah telah hadir dalam acara kopi darat UMKM pada 22 Juli 2017 di Kampoeng Mataraman, Yogyakarta.

Terdapat puluhan stand berdiri untuk memperkenalkan produknya. Banyak sekali produk yang memiliki kualitas sangat bagus, dan bahkan layak untuk diexport ke manca negara.

Berikut beberapa produk-produk kreatif yang ada pada acara Kopdar UMKM tersebut

  1. Luluve

Luluve ini adalah minuman dari bahan baku tanaman lidah buaya, sang pemilik produk ini membuatnya langsung dari tanaman lidah buaya yang dia tanam. Meskipun tidak sempat mencobanya, namun saya dapat merasakan kesegaraanya. Dibuktikan saat ada pembeli yang mencoba membelinya satu kemudian mencicipinya, dia langsung membeli satu lagi. Ternyata produk UMKM ini memang segar. Apalagi terbuat dari lidah buaya yang bagus bagi kesehatan.

 

2. Griya Elmas

Produk yang satu ini adalah produk untuk perabotan rumah tangga yang sebagian besar terbuat dari bahan kayu pilihan. Dan dengan nuansa Jawa, perabotan ini dihiasi dengan corak batik khas Yogyakarta. Tentunya barang seperti ini sudah jarang kita lihat. Namun justru menjadi keunikan tersendiri. Lewat sebuah produk, budaya Jawa dapat terus dikenal oleh banyak orang bahkan sampai ke manca negara.

 

3. Tongicel & Wedhang Uwuh

Tongicel adalah Lontong Mie Pecel, dan Wedhang Uwoh adalah minuman hangat yang dibuat dari rempah-rempah. Jangan dikira pahit, karena rasanya manis dan seperti ada mint nya. Saat kami mewawancarai stand ini, kami disuguhkan wedhang Uwoh ini, wedhang Uwoh ini tentunya sehat, dan membuat tubuh menjadi hangat dan membuat badan menjadi lebih bugar. Pemilik usaha ini mengakatakan bahwa usaha ini telah berdiri sejak 1984. Sudah lama sekali, semoga tetap eksis.

 

4. Singkong Mrengkel dan Legen

Singkong atau ketela memang gurih kalau diolah menjadi aneka kripik. Salah satunya adalah kripik singkong mrengkel ini, kripik yang renyah ini memiliki beraneka rasa seperti balado, pedas, original, rumput laut, dan lainnya. Sedangkan Legen sendiri adalah minuman yang terbuat dari sari bunga pohon siwalan. Legen sendiri berasal dari kata  bahasa Jawa yaitu legi, yang berarti manis.

Di acara Kopdar UMKM ini tidak hanya sebatas kegiatan jual beli, namun juga terdapat acara workshop-workshop untuk mengembangkan usaha. Dan juga terdapat layanan konsultasi gratis dari KEJAR UMKM – Komunitas Training Gratis UMKM

Acara ini diselenggarakan di Kampoeng Mataraman yang tentunya bernuansa pedesaan. Karena acara ini bertujuan untuk mendukung produk dan usaha dari sebuah desa. Dari desa, diharapkan mampu memajukan perekonomian bangsa.

Harapannya, acara ini dapat terus berlangsung setiap tahunnya. Karena dengan acara seperti ini, UMKM dapat terus berkembang. Selamat bertemu lagi di acara Kopdar UMKM 2018!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *