Kopdar UMKM di Kampoeng Mataraman dalam Khazanah Entrepreneurship dan UMKM

Selama ini di media kita sering mendengar istilah entrepreneurship atau kewirausahaan dan banyak seminar-seminar juga yang membahas mengenai entrepreneurship. Kewirausahaan sering dijadikan solusi untuk permasalahan pengangguran yang jumlahnya kian meningkat seiring dengan adanya krisis global saat ini. Dengan bangkitnya semangat kewirausahaan maka berarti semakin banyak orang yang akan mendirikan usaha dan imbas akhirnya adalah semakin berkurangnya pengangguran. Hal itu logikanya.

Selain entrepreneurship hal yang sering dibahas dan erat kaitannya ialah mengenai UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah. UMKM merupakan langkah awal perwujudan entrepreneurship terbentuk. UMKM menjadi sesuatu yang ditekuni dan didalami beberapa orang karena lowongan kerja mulai sulit, atau karena sudah bekerja tetapi penghasilan yang minim, atau karena dia punya pemikiran yang ingin dituangkan.

Menilik dari hal tersebut, terkadang banyak orang yang mempunyai pemikiran untuk usaha tetapi bingung untuk memulai, alasannya takut atau tidak percaya diri dan merasa tidak memiliki jiwa entrepreneur.

Nah selanjutnya event kopdar alias kopi darat yang dilaksanakan baru-baru ini pada hari Sabtu, 22 Juli 2017 bertempat di salah satu pengembangan desa wisata yang bekerjasama dengan Syncore Indonesia yaitu Kampoeng Mataraman, Desa Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta merupakan event yang sangat mendukung sekali bagi para pelaku UMKM sendiri maupun bagi orang-orang yang tertarik dengan UMKM yang ingin memulai diri sebagai seorang entrepreneur. Dari sisi pelaku UMKM event kopdar sendiri dapat dijadikan ajang silaturahmi mengenal pelaku UMKM lainnya dari luar wilayahnya dan dapat bertukar informasi, di event tersebut ada juga cek kesehatan usaha sehingga dapat berkonsultasi mengenai usahanya. Selanjutnya dari sisi yang tertarik dengan UMKM, mereka para pengunjung ataupun tamu undangan dapat menikmati gelaran berbagai produk-produk inovatif dari pelaku UMKM yang mengemas dengan kreatif dari produk fashion, kuliner, maupun jasa tour and travel, yang ingin menggeluti atau mendalami entrepreneurship stand-stand UMKM dengan produk-produknya yang ada dapat dijadikan sebuah inspirasi, dan juga ada workshop usaha yang dapat diikuti oleh pelaku UMKM maupun yang masih awam atau baru ingin mendalami UMKM.

Motto mereka adalah “UMKM KUAT BANGSA BERDAULAT” jadi jangan ragu untuk memulai menjadi seorang entrepreneur demi kemajuan perekenomian bangsa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *