UKM dan Keunikan Produknya

UKM dan Keunikan Produknya

Dalam pembangunan perekonomian di Indonesia UKM selalu digambarkan sebagai sektor yang memiliki peranan penting. oleh karena itu, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam perindustrian hasil-hasil pembangunan.

Dalam pengembangannya, UKM harus menjadi salah satu strategi utama pembangunan nasional yang pelaksanaannya diwujudkan secara sungguh-sungguh dengan komitmen bersama yang kuat serta didukung oleh upaya-upaya sistematis dan konseptual secara konsisten dan terus -menerus dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan (baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat di tingkat nasional, regional, maupun lokal).

Pada tanggal 22 Juli 2017 PT Syncore Indonesia melalui program kejar UMKM bekerjasama dengan pemerintah desa panggungharjo menyelenggarakan acara kopdar UMKM yang bertempat di kampoeng mataraman, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

kopdar umkm 2017
Kopdar Umkm 2017

Dalam acara ini terdapat kurang lebih 80 UMKM yang turut hadir, masing-masing mempunyai keunikan dan keunggulan produknya sendiri-sendiri. Yang paling menarik menurut penulis adalah produk tas berbahan dasar karung goni yang disulap menjadi produk tas yang berkualitas. Tentunya Ini menandakan bahwa produk hasil dari tangan-tangan UKM lokal tidak kalah dengan produk2 kualitas impor.

Selain itu di pojok pendopo kita juga bisa melakukan CKU (check kesehatan usaha), disini akan dibantu oleh team kejarumkm yang berpengalaman, disana banyak ukm yang melakukan check kesehatan usaha.

Prospek bisnis UKM dalam era perdagangan bebas dan otonomi daerah sangat tergantung pada upaya yang ditempuh oleh pemerintah dalam mengembangkan bisnis UKM. Salah satu upaya kunci yang perlu dilakukan adalah bagaimana mengembangkan iklim usaha yang kondusif bagi UKM. Untuk mencapai iklim usaha yang kondusif ini, diperlukan penciptaan lingkungan kebijakan yang kondusif bagi UKM. Kebijakan yang kondusif dimaksud dapat diartikan sebagai lingkungan kebijakan yang transparan dan tidak membebani UKM secara finansial bicara berlebihan. Ini berarti berbagai campur tangan pemerintah yang berlebihan, baik pada tingkat pusat maupun daerah harus dihapuskan, khususnya penghapusan berbagai peraturan dan persyaratan administratif yang rumit dan menghambat kegiatan UKM.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *