Inovasi Produk dari Kain Lurik

Dalam acara KOPDAR UMKM yang dilaksanakan di Kampoeng Mataraman pada Sabtu, 22 Juli 2017 terdapat beberapa stand UMKM dari berbagai daerah di DIY. Sekitar seratus UMKM dengan berbagai produk baik kuliner, kain, assesoris, dan lain-lain hadir dalam kegiatan tersebut. Salah satu yang menarik dari stand-stand tersebut adalah stand dari Dibyo Lurik. Produk dari stand Dibyo Lurik adalah kain lurik dan beberapa inovasi produk dari lurik.

Contoh produk kain lurik dari Dibyo Lurik di acara KOPDAR UMKM di Kampoeng Mataraman (22/07/2017)

Lurik merupakan motif kain yang biasaya berupa garis-garis yang mengandung makna yang mendalam, dapat diartikan sebagai bentuk kesederhanaan. Kain lurik ini biasanya digunakan sebagai baju sorjan atau baju tradisonal pada jaman mataram. Sehingga kain lurik ini biasanya identik dengan pakaian jaman kerajaan mataram dengan kata lain bisa dikatakan sebagai pakaian tradisional.
Lurik sendiri memiliki beberapa motif, diantaranya:
a. Motif telupat
Motif telupat berasal dari Bahasa jawa telu yang berarti tiga dan papat yang berarti empat. Makna yang terkandung adalah bahwa seseorang yang lebih besar (bukan dalam arti harfiah) seperti umpamanya raja atau penguasa, harus dekat dengan rakyatnya serta harus merupakan pemberi kemakmuran dan kesejahteraan serta pengayom pada rakyatnya.
b. Motif udan liris
Udah liris berarti udah gerimis, motif ini melambangkan kesuburan dan kesejahteraan.
c. Motif Sapit Urang
Motif sapit urang yang berarti sapit udang adalah ungkapan simbolis suatu siasat berperang, yaitu dimana musuh dikelilingi atau dikepung dari samping dan kekuatan, komando penyerang berada ditengah-tengah

Kain lurik biasanya digunakan oleh orang tua untuk kegiatan yang berbau tradisonal. Namun, berkas krativitas yang tanpa batas, rumah kreatif Dibyo Lurik berhasil membuat kain lurik dilirik oleh generasi muda. Dibyo Lurik berinovasi membuat tas dengan bahan kain lurik. Sehingga produk dari lurik bukan hanya kain lurik yang dijual per meter, tetapi juga dalam bentuk tas kekinian yang sangat disukai oleh generasi muda.

Salah satu contoh produk tas lurik dari Dibyo Lurik di acara KOPDAR UMKM di Kampoeng Mataraman (21/07/2017)

Tas lurik ini unik dan memiliki nilai seni tinggi. Tas-tas lurik tersebut ada yang formal, kasual dan semi formal tergantung dari motif lurik dan design tas yang dibuat. Tersedia berbagai model dan berbagai motif serta warna yang berbeda sehingga menyediakan banyak pilihan produk tas lurik ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *