Cek Kesehatan Usaha UMKM, KOPDAR UMKM 22 Juli 2017

Cek kesehatan Usaha di acara Kopdar UMKM yang diadakan pada tanggal 22 Juli 2017 di Kampoeng Mataraman ini berjalan diluar perkiraan. Peserta sangat antusias. Sebagian besar peserta merupakan pelaku UMKM kelas start up. Namun, yang membuat berkesan sekali adalah ide-ide cemerlang dari para peserta.

Pernahkah terpikirkan mengolah coco piet? Nah ini adalah salah satu ide bisnis yang di cek pada hari itu. Coco piet saat ini hanya digunakan sebagai bahan campuran media tanam yang baik untuk tanaman, cocopiet berasal dari serabut kelapa yang sudah di giling halus dan diayak. serabut kelapa merupakan bagian terluar dari buah kelapa yang membungkus tempurung kelapa yang mempunyai ketebalan sekitar 3-4 cm.

Coba tebak pemasarannya sudah sampai mana? Eropa, Korea, Jepang, dan Cina. Berapa tenaga kerja yang bekerja? Tidak lebih dari 5 orang. Kok bisa? Berdayakan masyarakat sekitar.

Tuh kan, semakin mengenal UMKM, semakin sadar terlalu banyak potensi kita yang sebenarnya belum kita sadari. Coba perhatikan barang-barang/tanaman atau apapun di sekitar kita yang sepertinya tidak bernilai tambah, silahkan pelajari lebih lanjut. Jangan sampai alam kita malah di ekspor besar-besaran oleh orang luar negeri tanpa kita sadari manfaatnya.

Semangat UMKM! UMKM Hebat, Bangsa Berdaulat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *