Aneka Olahan Dari Bahan Kelor

Sebuah acara yang ditujukan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah diselenggarakan pada tanggal 22 juli 2017. Acara ini bertajuk Kopi Darat (KOPDAR) bagi UMKM yang terselenggara di Kampoeng Matarman yaitu di Ring Road Selatan No.93, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Puluhan UMKM berkumpul menjajakan produknya masing-masing.

Mata saya tertuju pada produk yang terbuat dari bahan daun kelor. Siapa yang tak mengenal daun kelor ?  yang menjadi perumpamaan yang terkenal “Dunia Tak Selebar Daun Kelor”. Dari beragam penelitian dibuktikan bahwa daun kelor memiliki banyak manfaat karena banyak kandungan nutrisi yang dikandungnya seperti vitamin A,C dan E serta kalsium, potasium, dan protein yang berguna bagi kesehatan tubuh. Khasiat dari bahan kelor sangat banyak sekali, beberapa manfaatnya yaitu :

  • Daun Kelor Mampu Untuk Menangkal Radikal Bebas

Menurut studi yang dilakukan oleh US National of Medicine dari national Institutes of Health, daun kelor mempunyai kandungan antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas.

  • Menjaga Kekebalan Jantung

Daun kelor juga mampu mengurangi kandungan lemak dalam darah sehngga kolesterolpun dapat berkurang kelor juga mampu memperlancar peredaran darah.

  • Menurunkan Kadar Gula

Daun kelor juga mampu mengurangi kandungan gula dalam tubuh sehingga dapat menurunkan seseorang terkena penyakit diabetes.

Produk yang dijual dari olahan kelor ada banyak sekali variasi mulai dari Peyek Kelor, Cokelat Kelor, Teh Kelor, Kapsul Kelor, Mie Kelor hingga Kerupuk Kelor. Beragam inovasi produk dari bahan kelor ini mampu meningkatkan nilai ekonomis dari daun kelor sendiri. Selain masyarakat mampu memiliki beragam pilihan dari olahan bahan kelor masyarakat juga dapat merasakan khasiat dari bahan kelor sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *