Peluang Usaha IBu Rumah Tangga di Desa Hampir Tanpa Modal Uang

Peluang Usaha IBu Rumah Tangga di Desa Hampir Tanpa Modal Uang

Peluang usaha ibu rumah tangga di desa sekarang ini tak kalah dengan para ibu rumah tangga di kota. Bahkan, peluang ibu rumah tangga di desa jauh lebih luas daripada kaum ibu di kota. Ini terjadi berkat kehadiran teknologi digital melalui HP yang membuat semua orang bisa terhubung dengan cepat dan murah.

Pemanfaatan teknologi internet salahsatunya melalui HP adalah salahsatu cara paling efektif menciptakan peluang usaha ibu rumah tangga. Hebatnya, para ibu bisa menjalankan jenis-jenis usaha ini tanpa perlu mengorbankan waktu untuk anak dan mengurus rumah. Lalu, apa saja jenis peluang usaha ibu rumah tangga di desa yang bisa dikembangkan dengan menggunakan HP?

1. Bisnis Snack dan kue

Membuat snack dan kue adalah dua keunggulan kaum ibu terutama ibu-ibu muda. Nah, jangan sia-siakan keahlian itu. Buatlah contoh sanck dan kue andalan Anda, kalau bisa dengan resep yang sudah dimodifikasi sehingga memiliki cita rasa khusus. Setelah itu, tata kue atau snack buatan Anda dengan cantik. Ambil gambar degan HP Anda.

Manfaatkan jaringan pertemanan Anda pada media sosial sebagai segmen pasar pertama. Tawarkan pada mereka snack untuk acara arisan dan berbagai jensi pertemuan, termasuk pertemuan di balai desa, acara ulang tahun, hajatan dan sebagainya.

Anda hanya akan membuat kue atau aneka jenis snack ini kalau ada pesanan saja sehingga Anda tak perlu modal terlalu besar untuk peluang usaha ibu rumah tangga yang satu ini.

2. Berjualan Produk Desa

Tahukah Anda, ada banyak komoditi yang hanya ada di desa. Biasanya produknya berupa hasil bumi karena di kota sudah tidak ada lahan pertanian. Beragam bahan pokok seperti beras, telur dan aneka sayur adalah produk desa yang setiap hari diangkut ke kota untuk konsumsi. Ini adalah peluang usaha bagi para ibu.

Anda bisa menghimpun beberapa jenis produk atau komoditas di desa Anda misalnya telur, lalu Anda tawarkan pada jaringan toko di kota. Bisa pula ditawarkan pada kelompok-kelompok ibu-ibu di kota melalui jaringan pertemanan.

Anda tak perlu bolak-balik ke kota untuk memanfaatkan peluang usaha ini karena Anda tinggal memanfaatkan HP Anda untuk menjalin komunikasi, membuat penawaran, mengirimkan gambar produk dan lainnya.

3. Membuka Toko Online

Hampir tidak perlu modal untuk menjalankan peluang ini. Anda hanya perlu membuka akun media sosial yang bisa Anda lakukan dengan gratis. Hebatnya, Anda juga tidak perlu kulakan atau memiliki stok produk untuk memulai foto Anda.

Anda tinggal mencari web atau orang yang memproduksi aneka produk yang Anda inginkan untuk Anda jual kembali melalui akun media sosial Anda. Produk fashion adalah salahsatu jenis produk yang paling banyak dijual dengan cara ini salahsatunya hijab dan pakaian muslim perempuan.

Jualan online juga bisa dilakukan untuk beragam produk yang lain. Anda bisa membuka toko online untuk ditawarkan pada tetangga dan sanak saudara di desa. Sebaliknya, Anda juga bisa menawarkan aneka produk unik dari desa Anda untuk dijual melalui online. Peluang Usaha ibu rumah tangga yang satu ini sudah banyak dilakukan dan masih membuka peluang usaha yang besar untuk siapa saja.

4. Menjual Makanan Khas Desa Online

Semua orang selalu merindukan masa lalu atau masa kecilnya dengan semua yang melekat pada masa itu. Salahsatunya, makanan khas desa yang dahulu kala kita sering nikmati. Nah, ini adalah peluang usaha ibu rumah tangga yang sebenarnya sangat besar pasarnya.

Coba saja perhatikan lingkungan sekitar Anda. Ada berapa puluh orang yang pegi ke kota untuk mengadu nasib ketika mereka muda dulu. Berapa banyak keluarga mereka yang ada di kota, itu adalah salahsatu pasar yang paling nyata.

Kedua, makanan asli desa selalu memiliki rasa yang kas yang tak ada di kota seperti Mendoan di Banyumas sulit ditiru orang dari daerah lain. Nah, manfaatkan peluang ini, Anda tidak hanya sedang menjual makanan tetapi menjual kenangan yang sangat bernilai bagi calon pembelinya.

Itulah beberapa peluang usaha ibu rumah tangga yang bisa Anda jalankan dengan modal yang sangat kecil bahkan beberapa di antaranya tidak membutuhkan modal uang. Jangan salah, ada banyak ibu-ibu muda yang berhasil membangun usaha besar dengan cara ini seperti berjualan tas kulit buatan desa dan aneka kerajinan yang lain.

Jadi sebenarnya, peluang usaha ibu rumah tangga di desa memiliki segena keunggulan yang tak dimiliki orang kota. Selamat Memulai Usaha!(aryadji/kejarumkm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *